Daun Jambu Biji, Meredakan Beberapa Penyakit

Cara penggunaan daun jambu biji untuk meredakan beberapa penyakit, dapat dijelaskan, sebagai berikut :
  1. Penyakit Diare, daun jambu biji segar seberat 30 gram ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus, minum airnya 2 kali sehari.  Cara lainnya kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam, lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari.
  2. Penyakit Sariawan.  Rebus 1 genggam dau jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari
  3. Penyakit Luka berdarah atau borok disekitar tulang.  Lumatkan daun jambu segar, tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit, lakukan beberapa kali sehari.
  4. Penyakit Kencing Manis.  Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring terlebih dulu sebelum diminum 2 kali sehari.
  5. Penyakit Ambeien.  Ambil beberapa lembar daun jambu batu mudah atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu dikupas dan tumbuk keduanya, air perasannya ditampung lalu diminum.  Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.
  6. Penyakit Kembung pada Anak-anak.  Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama ½ jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air disaring.  Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi 1 cangkir. (ulf/bas)
Sumber : Harian Fajar, halaman Kesehatan.  Terbitan 21 April 2012.

No comments:

Post a Comment

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS