Perokok : Salah Satu Pnyebab Kanker Lidah.

Rokok. Mungkin anda sudah mengenalnya sebab sekarang ini sudah beredar berbagai macam jenis rokok dari berbagai perusahaan baik asing maupun swasta dalam negri. Tapi walaupun rokok diketahui sangat merusak kesehatan namun tak sedikit pula yang mengisapnya. Baik tua, muda bahkan anak sekolah dasarpun sekarang sudah mengisapnya, entah itu wanita atau pria.
Rokok. Mungkin anda sudah mengenalnya sebab sekarang ini sudah beredar berbagai macam jenis rokok dari berbagai perusahaan baik asing maupun swasta dalam negri. Tapi walaupun rokok diketahui sangat merusak kesehatan namun tak sedikit pula yang mengisapnya. Baik tua, muda bahkan anak sekolah dasarpun sekarang sudah mengisapnya, entah itu wanita atau pria. Namun meskipun rokok dikenal masyarakat dapat menyerang jantung, paru-paru dan menyebabkan stroke namun asap rokok yang mengepul dalam rongga mulut dan terkena lidah ternyata dapat memicu kanker lidah. Jika anda seorang perokok maka anda perlu waspada jika mengalami tanda-tanda adanya bercak putih pada sariawan yang tak kunjung sembuh. Sebab ternyata hal tersebut dapat memicu terjadinya kanker lidah. Karena hal ini seperti yang dikutip oleh kompas.com, kanker lidah meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Umumnya hal ini terjadi pada usia sekitar 60 tahun, tetapi hal ini telah terjadi pergesaran usia lebih muda. Adapun factor utama yang menyebabkan terjadinya kanker lidah adalah alcohol dan tembakau. Selain itu ternyata juga dipicu oleh pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, kebersihan mulut yang buruk, radang kronis dan genetikpun juga ternyata menjadi penyebabknya. Adapun kanker lidah yang sering terjadi adalah tipe karsinoma sel skuamosa. Sedangkan untuk jenis yang lainnya jarang terjadi. Adapun gejala-gejala kanker lidah adalah biasanya terdapat luka (ulkus) seperti sariawan yang tidak sembuh dengan pengobatan yang adekuat, mudah berdarah, nyeri local, nyeri yang menjalar ke telinga, nyeri menelan, sulit menelan, dan pergerakan lidah menjadi sangat terbatas. Sedangkan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari factor-faktor resiko yang bias mencetuskan timbulnya kanker lidah tersebut. Sedangkan menurut beberapa penelitian yang aku dapatkan yaitu dapat diberikan retinoid untuk pencegahan kanker lidah dari premalignant (keganasan) dan juga untuk mencegah kanker kembali di tempat yang berbeda dengan cara menstabilisasikan membrane mukosa.

10 comments:

  1. wah ngeri jg ya kanker lidah, tp jarang terjadikan yg spt ini.... hehhe...perokok berat nih gw....

    ReplyDelete
  2. Wah..bahaya juga tuch

    gimana gw yg merokok 2 bungkus sehari...?

    ReplyDelete
  3. Untung saya sudah mulai berhenti merokok, walaupun belum total. :)

    ReplyDelete
  4. Hiiii.. ngeri.. untuk q bukan perokok

    ReplyDelete
  5. Biar tau tuh, wahai para perokok!!!
    Perhatikan juga fatwa MUI terbaru.

    Salam silaturahmi....

    ReplyDelete
  6. betul boss..merokok emang bahaya,,,
    makanya sekarang saya kurangi rokok saya,,,
    misalkan sebungkus gtu saya kuangi satu-satu...

    ReplyDelete
  7. selamaaat sy tidak merokok. he he he :)
    Tks Mas

    ReplyDelete
  8. Dari apa yang saya temui, rokok & alkohol bukanlah pemicu utama kanker lidah. Di daerah lendah, kulon progo, DIY, ada anak perempuan bernama Karen umur +- 4th telah menderita kanker lidah. sekarang sedang berobat di dokter yang tinggal di bantul, Yogya

    ReplyDelete
  9. halo bro...ternyata ini blog mu yah..jgn ko lupa ke blog ku nah ...

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS