Diare Rentan Terhadap Anak - Anak

Penyakit diare merupakan salah satu jenis penyakit yang sering muncul ditengah-tengah masyarakat. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak namun juga dapat menyerang orang dewasa.

Penyakit diare banyak menyerang khususnya anak-anak hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri yaitu bakteri salmonella. ada juga yang disebabkan oleh virus yaitu virus jenis rotavirus, jenis ini yang umumnya banyak menyerang pencernaan sehingga menyebabkan diare.
Penyakit diare umumnya tidak hanya disebabkan oleh virus dan bateri semata namun juga bisa disebabkan oleh absorbsi lemak dan karbohidrat. selain faktor tersebut diatas juga dapat disebabkan oleh faktor imunitas (kekebalan tubuh) sebab imunitas masing-masing anak berbeda-beda, ada juga karena faktor alergi dan pola hidup yang tidak sehat.
disini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi diare. umumnya cara mengatasi diare yang sangat mudah yaitu mencuci tangan dengan bersih secara teratur sebelum makan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat-hangat dan menghindari mengkonsumsi buah yang tidak mempunyai kulit.
Jika anak anda sudah mengalami diare maka segera lakukan pertolongan pertama dengan mengganti cairan yang hilang atau dengan cara memberi oralit. Perbanyak meminum air terutama setelah buang air besar sebab sesudah buang air besar banyak cairan yang hilang. kemudian mengkonsumsi makanan yang lembut dan menghindari makanan yang berserat seperti sayuran, buah dan agar-agar karena ini dapat memperpanjang masa diare. kemudian istirahat dengan cukup tetapi jangan lupa untuk makan dan minum obat, alangkah baiknya bila juga melakukan konsultasi dengan dokter.
perlu juga anda ingat bahwa penyakit diare tidak ada obatnya. hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dr. Akhmad Kadir dmana ia menyatakan bahwa penyakit diare itu tidak ada obatnya, penyakit ini hanya bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari hanya saja yang perlu diperhatikan adalah mencegah dan mengatasi gejala dehidrasi.

92 comments:

  1. kak, sepertinya aku susah pupup, bukan diare hahahahaah

    ReplyDelete
  2. lagi musimnya emang...

    *pergi siapkan oralit*

    ReplyDelete
  3. hiks ponakanku yg bayi juga kena diare sampe di opname di rumah sakit, kasian:(
    btw, ooo namanya iwan to, baru tau hehehe nempel di SB, biasanya kan masuknya ke komen doang:p

    ReplyDelete
  4. Wah, emang repot yah, lemes2 lagi kalo kena diare...

    Oia, mas saya beberapa hari ini demam,
    tp gak ngerasa pusing ataupun pilek-pilek, kenapa yah??
    maksih jawabannya... ^_^

    ReplyDelete
  5. memang banyak juga penyakit yang ada obatnya juga, bukan hanya diare kan...

    ReplyDelete
  6. ya...setuju, itu ga ada obatnya....yang penting banyak minum saja,...

    ReplyDelete
  7. bener sekali ene, waktu kecil saya juga paling sering terkena diare, unung aja udah gede ndak lagi...wkwkwkwk

    bermangfaat tips dan inponya :D

    ReplyDelete
  8. Cegah diari dengan 6 M:

    1. Mendingan kita cegah diare
    2. Mau cegah diare akh...
    3. Memang kita harus cegah diare
    4. Mariiii kita cegah diare
    5. Malu akh kalo terkena diare
    6. Makanya kita cegah diare OK!!!

    ReplyDelete
  9. persiapan diare
    siapkan obat diare dan WC siaga

    ReplyDelete
  10. dulu waktu bayi, anak saya pernah diare sampe dehidrasi. makanya harus waspada bener2 lho..

    ReplyDelete
  11. ngeledek gw nih, mentang2 sering minum oralit :D

    ReplyDelete
  12. Iya Sob... diare emang gampang bngt nyerang siapa aja.
    Dulu aq prnh jg diare, cuma gara2 kbanyakan makan buah keres.
    Aq tunggu km di Pesanggrahanku.

    ReplyDelete
  13. waduw.. Kalo sudah diare repot. Hehehe.

    ReplyDelete
  14. btw, linknya udah saya add. Add juga ya =)

    ReplyDelete
  15. kalau begini bagemana, setelah buang-buang air besar, trus minum yang banyak, trus buang air kecilnya jadi banyak... minum lagi, kencing lagi... hohoho... repot sekali ya...

    ReplyDelete
  16. ga' cuma anak2 bang iwan. orang dewasa juga bisa kena apalagi musim hujan begini, jika tidak cukup menjaga kebersihan.
    sedia selalu oralit.
    atau bikin larutan gula dan garam pakai air hangat. dan yg juga murah meriah teh kental tanpa gula

    ReplyDelete
  17. kalo udah diare,wuih gak iso nyante blas

    ReplyDelete
  18. loh, kok yang muncul rian xavier?

    ReplyDelete
  19. walah, ini termasuk salah satu penyakit bawaan saya, mas kato, saya ndak tahu kenapa bisa begitu. setiap kali mengerjakan tugas bertumpu *halah sok sibuk* penyakit menyebalkan itu pasti datang. itu sudah saya pastikan. tapi adaauntungnya juga penyakit diare ini, mas kato, saya jadi ndak suka menunda2 pekerjaan, hehehe .. takut diare itu datang lagi, kekekeke ....

    ReplyDelete
  20. aq uda ga kena diare lama banget..
    yah ga berharap kena siy, hehehe..
    tapi emang bener, cara paling simpel menghindari diare adalah CUCI TANGAN sebelum beraktivitas apapun, terutama sebelum makan...
    ^^

    ReplyDelete
  21. diare meskipun sepele tapi orang tua harus waspada, ada tanda-tanda yang perlu diperhatikan ketika anak kena diare, antara lain
    jika diare sudah lebih dari 6 kali sehari
    Jika buang air besar bercampur dengan darah
    Jika jarang pipis dan tidak keringatan
    Jika nangis ngga keluar air mata..itu artinya udah dehydrasi berat..gejala diatas secepatnya anak dibawa kerumah sakit

    Terus perlu dibedakan juga, antara diare dan disentri, desentri biasanya feses bercampur lendir, lama-lama jarang buang air, dan hanya lendir, yang kasus ini dibutuhkan antibiotik, karena ini desebabkan oleh virus atau parasit. Usahakan perbanyak makan protein sehingga menghambat perkembangan parasit tersebut..

    thanks sharingnya ya...

    ReplyDelete
  22. Hati2 dg pernyataan diare tdk ada obatnya...itu diambil dari mana? Kalo dari jurnal, makalah, karya ilmiah kedokteran harus disebutkan sumbernya, karena bs menyesatkan,kalau dipublikasikan di kalangan umum, Penanganan diare itu berdasarkan etiologi dan patofisiologinya, secara umum rehidrasi adalah tindakan utama baik oral atau parenteral/infus, dan bila penyebabnya adalah karena infeksi baik bakteri atau parasit, maka antibiotika yg sesuai harus diberikan secepatnya...kalau tidak.,bisa mbrodoli itu usus.
    Good posting!

    ReplyDelete
  23. Wah.. musim banjir gini tambah rentan ya?

    ReplyDelete
  24. Biasanya oralit tidak disukai anak-anak, biasanya aku ganti dengan Coca-cola yang sudah dihilangkan gasnya (sekarang anakku yg terkecil sejak umur 1th bisa langsung minum Coca yg barusan dibuka) ataupun teh manis. Makan pisang dan nasi (pokonya yg padat dan bikin lengket), bila bayi dasih aja bubur nasi/tajen.

    Kalo masih tak berhenti, diberi Tiorfan atau Smecta dicampur dengan pisang. (Soalnya anak-anak tak terlalu suka dicampur air) baru kemudian minum yang agak banyak.

    Kalo ngak berhenti dan masih kerap diare, baru dibawa ke dokter ... ehhhh... obatnya Tiorfan dan SMECTA juga dan disuruh minum Coca-cola... hehehehe...

    ReplyDelete
  25. Wah? masa tidak ada obatnya? obat diare kan ada dipasaran yah?

    ReplyDelete
  26. Diare memang sangat berbahaya...

    ReplyDelete
  27. Aku sering diare, tapi ga tau knapa, diarenya tuh pas lagi jalan2 ke luar kota >.<

    ReplyDelete
  28. Kata orang dulu minum air gula+garam..hehehe

    ReplyDelete
  29. Ini benar
    Makanya mari kita jaga anak kita
    Jangan biarkan mereka jajan sembarangan

    ReplyDelete
  30. Jadi Diare akan sembuh dg sendirinya ya...

    tapi kalau tanpa mnum obat, mengganggu banget. Apalagi kalo lagi banyak kerjaan.

    ReplyDelete
  31. menghindari mengkonsumsi buah yang tidak mempunyai kulit.

    kang.. buah2an yg nga ada kulitnya apa yah.. ?

    ReplyDelete
  32. Bahay banget diare..apalagi musim hujan begini

    ReplyDelete
  33. Biar nya kalau banjir banyak korman terutama anak2 dan orang tua...mudah2 ankali ini korbannya dikit ya..semoga pemerintah lebihbanyak memberi penyuluhan lkepada masyarakat

    ReplyDelete
  34. dari Fak kedokteran ya? canggih banget sih membahas soal diare.
    btw, sudah aku kirim by email widget utk link teman. kamu tinggal ganti dg link teman2mu ya.

    ReplyDelete
  35. nice info nih..
    aku selalu sedia oralit nih dirumah, buat jaga2.

    ReplyDelete
  36. Info bagus.... salam kenal mas!

    ReplyDelete
  37. kalo aq biasanya pake obat daun jambu biji.. lumayan manjur, asal jangan kebanyakan,ntar kambing banget..

    ReplyDelete
  38. Hye there..
    Salam from Malaysia..
    suka sangat baca blog kamu yang penuh infomarsi..
    baik sekali utk tatapan semua..

    semoga terus sukses!

    ReplyDelete
  39. sebenernya, diare ga cuman bahaya buat anak kecil.. tapi yah, risiko paling parahnya emang di anak kecil sih ;-)

    ReplyDelete
  40. anjuran yang sangat berguna mas...
    jadi pengen tahu neh, mas ini dokter yah?

    ReplyDelete
  41. gak mauuuu... diareee horeeeee ehhhh hororrrrrr...

    ReplyDelete
  42. mas... silahkan kontak saya untuk masalah programming. silahkan lihat email saya di halaman kontak saya..

    ReplyDelete
  43. biasanya yg kena diare itu orang-orang jorok...hehehehe...

    ReplyDelete
  44. Siapkan NEO ENTROSTOP...!!!!

    kok jadi kayak iklan.. xixixi..
    oh iya.. ada awards nih friend.. di terima ya..?

    ReplyDelete
  45. saya sedang melakukan terapi setoksifikasi dengan
    makanan organik.. untuk membersihkan saluran pencernaan sebagai sumber penyakit

    ReplyDelete
  46. thanks for the comment in my site..but would suggest it in english..hhehe...don't understand anything of your language...happy blogging!!

    ReplyDelete
  47. aku gak sakit apa2.
    emang rutin sebulan sekali bersihin usus dengan cara alami, pake makanan 100% organik khusus untuk detok.
    selain bebas penyakit, juga terjadi regenerasi sel yg cukup signifikan..

    ReplyDelete
  48. iya, saya sangat berhati2 untuk masalah itu..
    produknya bernama greenfield, ladangnya di CA.
    ladangnya dikosongkan 7 tahun, dengan radiasi 30km bebas pencemaran. bahkan pngolahannya secara organik.
    tersertifikasi PBB sebagai kelas makanan organik tertinggi...
    sampai sekarang saya andalkan untuk detoks

    ReplyDelete
  49. tengkyu bos infonya..
    tadi anakku diare soalnya

    ReplyDelete
  50. wah-wah.. informatif banget nich artikelnya.

    omong2 baru tau kalo diare gak ada obatnya selain akan sembuh dengan sedirinya.. :)

    Obat yang paling mujarab menurut saya selain mencegah adalah banyak minum air putih.

    ReplyDelete
  51. iya neh sebagai ibu, aku khawatir banget kalo anakku terserang diare.. pasti berat badannya langsung turun..makanya kudu hati2

    ReplyDelete
  52. iya saya tau. Ini bukan sumpelen koq.
    Makanan, ya, makanan pengganti nasi. Pemasarannya sungguh luar biasa koq, baru 2 tahun di indonesia saja omsetnya sudah menyamai amway. biar lebih enak kita ngobrol di email aja deh, organic.mode.on@gmail.com

    ReplyDelete
  53. diare penyakit yang menyusahkan paling gak enak.
    saya bis posting nih heheheee....dateng ke blog saya ya ni alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/

    ReplyDelete
  54. saya lebih suka nulis di blog dari pada nuis di buku diare....

    ReplyDelete
  55. wah...hati-hati ya! jangan jajan sembarangan, mending makan masakan buatan mamah...

    ReplyDelete
  56. aQ jd ingat waktu aQ kecil kena penyakit ini sampe parah banget..hahaha
    mksh y udah mampir k blogQ
    salam kenal

    ReplyDelete
  57. Caranya terserah Anda mau pasang dimana.....
    di sidebar boleh, di artikel juga boleh kok.. ok..?? dan membuatnya tergantung imajinasi Anda friend... yg penting JANGAN MENCIPLAK hasil karya orang lain... buat gambarnya pake Software Photoshop or Gifmaker... dan tentukan tagnya serta tema awards.. ok.? aku tgu awards dan tag freindship dari kamu.. hehehehehe

    ReplyDelete
  58. diare masih jadi masalah besar di negeri ini. Tapi ada gak ya penelitian ilmiahnya, apa yg menjadi penyebabnya? Apakah karena jajanan yg tidk ebrmutu, air yg terkontaminasi, tangan yg tidak dicuci bersih?

    ReplyDelete
  59. siiip... email udah saya kirim..

    ReplyDelete
  60. Thanks infonya. Diare memang seperti masalah sepele, padahal sebenarnya penyakit ini mematikan jika tidak segera di tangani.

    ReplyDelete
  61. Yang gawat kalo dah telanjur sakit diare itu, coy. Saya pernah tuh, pas lagi tugas luar kota lagi.

    ReplyDelete
  62. weh, ternyata belum ada obatnya yah, trus oralit itu gunanya apa dong? apa sebagai pencegah saja atau gimana yah?

    ReplyDelete
  63. waahhhh diare??, (tengak tengoookk,...) ada toilet nggak kang??????

    ReplyDelete
  64. Oh..ternyata diare itu ga' ada obatnya ya'...
    Nah...kalau waktu kecil saya suka dikasih cairan (lupa lagi namanya)....tapi sembuh ko'...
    Ok...intinya diare itu sembuh sendiri ya'...


    Oh..ya tempo hari dah aku link di blog saya...tolong link balik ya'

    ReplyDelete
  65. wah makin rame aja nih blognya..

    ReplyDelete
  66. Memang yang dikhawatirkan diare itu kalau terjadi dehidrasi karena banyak cairan yang keluar.

    Biasanya badan ini menjadi lemas sekali.

    ReplyDelete
  67. kwkw, saya sekarang keknya diare neh


    www.volverhank.com

    ReplyDelete
  68. ya saya belum tahu solnya belum punya anak- boro-boro anak yang ngelahirin anak jga blm ada..

    ReplyDelete
  69. saya dulu jarang banget diare.. setelah memasuki dunia kerja malah jadi sering, huhuhu.. mungkin makan disini jorok2 yaaa.. hmm..

    ReplyDelete
  70. lagi musimnya mas.. mungkin karena faktor cuaca.. ga cuma ank2.. yg dewasa jg kena :)

    ReplyDelete
  71. hi...mampir kesini..give u some comment here.
    Diarrhea that's scary...follow the tips to avoid it

    ReplyDelete
  72. Kalo ama om-om dan tante-tante rawan ga tuh diarenya? wekekek

    ***
    Kaabooorrr

    ReplyDelete
  73. emng kalo lagi diare emgan paling menyebalkan hehe...

    ReplyDelete
  74. emang kalo lg diare so pasti nyusahin banget........

    ReplyDelete
  75. semuanya penyakit pasti ada obatnya.. xixixixixi.. istirahat yang cukup kan obat juga btw artikelnya bagus om

    ReplyDelete
  76. lach klu nDa ada obatna,ponakanku yan9 masih bayi pas dirawat karna diare,dikasih obat apa duunn..? kok disuruh minum..?

    ReplyDelete
  77. kalo diare usahakan jangan sampai dehidrasi yaaa,..itu yang berbahaya. jadi kalo anaknya dehidarsi segera berikan cairan (minuman)yang banyak,. dan kalo bisa dicampur dengan garam dapur (NaCl) alias oralit

    ReplyDelete
  78. Alhamdulillah keluargaku jarang terkena sakit diare lingkungan di sekitar dan makanan yang dikonsumsi dijaga terus.

    ReplyDelete
  79. hi..salam penkenalan...menarik ulasan anda..mudah2an membantu saya yg kurang arif dlm kesihatan..terima kasih

    ReplyDelete
  80. salam... ini kunjungan balasan
    mas mahasiswa kedokteran juga?
    infonya bagus-bagus, mas...

    monggo mampir lagi di blog saia... ;)

    ReplyDelete
  81. diare penyakit yg paling gak enak bgt nih,,

    ReplyDelete
  82. wah... kalo diare duh... mules banget dah...apalagi kalo dah mau pergi sakit perut

    ReplyDelete
  83. ya tuh, klo dah kna diare serba salah...kmana2 gak enak aja
    muka pun mesem2 gak karuan (*nahan2 mau BAB)...hihii

    ReplyDelete
  84. Wah.. q juga terserang diare nih.. hiks.. ga enak juga diare sambil ngeblog

    ReplyDelete
  85. he he bocor tuh, di water proof aja bro :-)

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS