Seberapa Penting Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut...???

Dari berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat berakibat atau menyebabkan berbagai penyakit yang serius....bagaimana dengan Anda...???

Gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia semisal jika gigi anda bermasalah (sakitgigi) maka anda akan mengalami kesulitan ngomong, makan dan menyebabkan hari-hari anda terganggu. salah satu cara untuk merawat gigi yang paling murah adalah dengan melakukan sikat gigi secara teratur. namun terkadang karena kesederhananya, biasanya ada juga yang mengabaikannya.
pada dasarnya, merawat gigi tidak sulit hanya membutuhkan kesabaran sebab masyarakat umumnya mulai ke dokter untuk berkonsultasi jika mereka telah mengalami keluhan. alangkah baiknya jika sebelum terjadi setidaknya tiga atau enam bulan sekali untuk melakukan chek-up ke dokter guna memeriksakan keadaan gigi anda.
tahukah anda bahwa jika kita mengabaikan kesehatan mulut dan gigi maka akan menjadi sarang bagi kuman. olehnya itu sebaiknya anda sebelum tidur, membersihkan terlebih dahulu gigi anda dengan jalan menyikat gigi sebab pada malam hari kuman di dalam mulut itu dapat berkembang lebih cepat dibandingkan pada saat siang hari. alasanya karena disaat malam semua aktifitas mulut terhenti seprti makan minum ngobrol dan lain sebagainya sehingga air liur sebagai antiseptik alami dalam mulut juga berkurang.
kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies atau peradangan yang berawal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga lama kelamaan akan terjadi pembusukan sehingga kuman yang ada dalam mulut (Lactobacillus acidophilus) mengubah sisa makan tadi menjadi asam.
selain efek yang ditimbulkan kuman, juga terdapat bakteri yang bisa menyebabkan kerusakana gigi yaitu Streptococus mutans. bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan gusi sehingga bisa masuk kedalam aliran darah. kondisi ini bukan hanya sampai disini namun juga dapat menyebabkan peradangan dibagian tubuh lain seperti ginjal, sendi, sakit kepalayang berkepanjangan, ama dan organ tubuh lainnya.
Oleh sebab itu menjaga kebersihan gigi serta mulut sangat wajib anda lakukan sebelum terlambat atau penyakit itu datang. sebenarnya proses menjaga kebersihan mulut itu sangat sederhana sekali yaitu dengan cara membersihkan gigi dengan jalan menyikat gigi dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluoride pada pagi dan siang hari serta tidak mengkonsumsi makanan semacam cemilan dimalam hari jika anda habis sikat gigi jikalau anda mau tidur. kalaupun anda memakan cemilan sesudah sikat gigi sebaiknya anda mengulangnya kembali agar terhindar dari masalah penyakit gigi. selain itu juga sebaiknya anda juga rajin mengkonsumsi buah karna buah mengandung serat yang dapat membersihkan gigi.

Pertanyaan saya, apakah anda sering menggosok gigi sebelum tidur?

108 comments:

  1. Salam,

    Sdr.Katobengke

    Terimakasih atas lawatan saudara ke blog saya. Tak ada masalah untuk berkenalan. Saya biasanya akan gosok gigi sebelum tidur itu pasti.

    wassalam

    ReplyDelete
  2. selain semua efek yang sudah disebutkan sekarang, perawatan gigi sangat menguras kantong, tidak seperti jaman om tante dulu!

    ReplyDelete
  3. tulisan di blog pahlawan tanpa tanda jasa tidak bisa dikomen? atau koneksi sariRapet saja yg lagi bermasalah ya?

    ReplyDelete
  4. wedew..gosok gigi ?? sedikitnya 2 kali sehari..itu pasti

    ReplyDelete
  5. membuat kolom exchange link sesuai request mu!

    masuk ke dashboard,
    klik layout,
    trus klik add a gadget,

    klik yg ada tulisannya sbb:
    Link List Add
    Add a collection of your favorite sites, blogs, or web pages.

    akan muncul box terpisah, isi box sbb:
    masukkan title *judul* misalnya ketik *tukaran link yuk*

    number of link: boleh dibiarkan kosong

    new site url: misalnya untuk sariRapet kamu tinggal masukkan alamat URL sbb:
    http://sarirapet.blogspot.com/

    new site name: masukkan nama site yang exchange link dengan kamu.

    kemudian klik SAVE, jadi deh!
    selamat mencoba ya!

    ReplyDelete
  6. wah..pusing saya. masuk profil blogmu. ada 6 blog...
    nga tau musti masuk yg mana..
    yg ini aja deh..post terbaru ekekekekek..

    sikat gigi wajib minimal 2x.
    oyi bner deh musti ngecek 6 bulan skali. klo dah sakit. sbnernya ga boleh langsung ditambal ato di cabut.. musti nunggu nga sakit baru ditindak lanjuti...

    dan satu lageee. jgn ke klinik kcil2 tar kayak fuda. malah jadi bahan percobaan dokter baru.
    hwaaaa kapoknya diriku.. di suntik 6x masih sakit juga. biusnya kaga mempan. wawakakakakakka

    ReplyDelete
  7. Hehehehe
    Q lg sakit gigi nich..
    Gak pernah gosok gigi sblm tidur sich..

    ReplyDelete
  8. Wah, aq ini agak pemalas kalau harus sikat gigi berkali kali..
    Hehehehe
    *jangan ditiru*
    Paling 2x sehari..

    ReplyDelete
  9. sambung menyambung menjadi satu itulah tubuh kita..hehe sehat satu,lainne juga..contoh tu, gusi rusak, ginjal bisa kena tu

    ReplyDelete
  10. Salam kenal dari Malaysia..

    Trima Kasih datang berkunjung diblog saya..

    semoga sukses selalu..

    Do Keep In Touch..

    ReplyDelete
  11. gigi ku rusak parah :(

    ReplyDelete
  12. Kalo Semut mah... gosok giginya setiap saat, Dok.. stiap abis makan.
    Takut sakit soalnya.

    Dok..aq uda jadi pengikutmu lho..

    (Semut manggil Dok buat para blogger yg ngbahas masalah penyakit dan kesehatan)

    ReplyDelete
  13. Kalo Semut mah... gosok giginya setiap saat, Dok.. stiap abis makan.
    Takut sakit soalnya.

    Dok..aq uda jadi pengikutmu lho..

    (Semut manggil Dok buat para blogger yg ngbahas masalah penyakit dan kesehatan)

    ReplyDelete
  14. Yup, yg penting tetep gosok gigi secara teratur

    ReplyDelete
  15. ada juga yang bilang, daripada sakit gigi... lebih baik sakit hati ini..." hiks*** itu lagi dangdut....

    ReplyDelete
  16. iya.... emang sakit gigi bakalan bikin masalah.....
    ehm, baru tau kalo kurma bisa membersihkan gigi....
    makasih yah infonya ^_^

    ReplyDelete
  17. ini yang sering dilupakan

    ReplyDelete
  18. kata ksiapa kagak nongol... huuuh. tadi pagi juga aku nongol, sekarang aku nongol lagi niiieeee...

    ReplyDelete
  19. Kesehatan gigi memang penting, saya pernah baca artikel yang menyebutkan bahwa sebagai awal dari proses pencernakan makanan gigi memegang perananan pentig. Karena dengan menghaluskan makanan dimulut lewat mengunyah akan mempermudah dan memaksimalkan kerja alat-alat pencernakan lain untuk menyerap zat-zat dari makanan yang kita makan tersebut.

    Salam hangat selalu

    ReplyDelete
  20. iyya donk.. wajib ituu

    tengkyu buat infonya

    ReplyDelete
  21. bos...blog iwanbuton.blogspot gak bisa dikasih komen..trims

    ReplyDelete
  22. kaitan dengan perut juga banyak yo mas...

    ReplyDelete
  23. haduh kalo sudah terlanjur banyak masalh di gigi gimana nih?

    ReplyDelete
  24. Artikel yang sangat bermanfaat mas...
    Seringkali saya sendiri melupakan kesehatan gigi, padahal ini penting sekali ya'
    makasih infonya neh...

    ReplyDelete
  25. Sikat gigi ya pastilah...aku gak bisa tidur tuh kalo blom sikat gigi. Tapi napa ya sering sariawan? Tolong dunk dicariin info mas...

    ReplyDelete
  26. penting banget masa' ngomong bau mulut ???

    ReplyDelete
  27. Namaku Rio tp panggil aja aq Semut.
    Oke kita tukeran link, ini url aq, http://riosisemutbuah.blogspot.com/
    Km pasang ya...

    Tp koq Km blm jd pengikutku?

    ReplyDelete
  28. wah . . info yg sangat bagus . .
    kalo saya sih gosok gigi 3 kali sehari, tapi tetep aja ada masalah dengan flak gigi . . . . .

    ReplyDelete
  29. Salam..
    Boleh jer tukeren link..

    Gue udah 'rompak' link u..

    ngeeeeeeee..

    ReplyDelete
  30. Kalo ngga' punya gigi ngrawatnya gimana Om...?

    ReplyDelete
  31. gak mau ahhh ngomongin gigi *kabuuurrrrrr*

    ReplyDelete
  32. Emang penting menjaga gigi,,,,
    saya pernah sakit gigi loh,setelah itu langsung sadar bahwa gigi tuh mesti dirawat.

    ReplyDelete
  33. gigi emang kadg disepelein, tp kalo udah sakiit.... serasa semua badan terasa.

    ReplyDelete
  34. wah, banyak orang males nyikat gigi sebelum tidur.. lawong karena tidurku malem-malem mendekati pagi, jadinya takut kalo ke kamar mandi sendiri... *setan-setan pada seliweran di jam2 segitu, heg heg heg*

    ReplyDelete
  35. jujur aja kagak pernah bos..
    hehehehe

    ReplyDelete
  36. Wah.. habis nulis artikel ini langsung mandi lah.. hehehehehehe..

    Wah saya bisa bantu apa ya mas.. kalo blog saya menggunakan wordpress, jadi kalo mas mau ganti template yang seperti saya cari saja di google template wordpress yang sudah di konvert ke blogger..

    ReplyDelete
  37. anak saya biasakan menggosok gigi sebelum tidur. jangan seperti bapaknya.

    ReplyDelete
  38. Kalau saya menggosok gigi 3x dalam sehari. Setelah makan sarapan pagi, setelah makan siang dan sebelum tidur

    ReplyDelete
  39. gigiku dah keburu hancur :(
    anak jangan sampai deh kayak saya...

    ReplyDelete
  40. Awalnya gigi saya ini termasuk sehat. Tapi belakangan ini sering lubang. Apakah pengaruh usia juga ya?

    ReplyDelete
  41. wah, info yang menarik dan bermanfaat, mas kato. sungguh, kalau tak membaca postingan ini, saya jadi sangat abagi dalam menjaga kebersihan mulut dan gigi. menjelang tidur malam, seringkali lupa gosok gigi. makasih info dan share-nya, mas.

    ReplyDelete
  42. kesehatan mulut??? wah itu the most important thing buat saya

    ReplyDelete
  43. mantap, yg komen banyak amat....
    dokter yah? he he
    klo aku si cuma rutin periksa ke dokter gigi minimal 2 kali sethaun...bagus ga tuh????????

    ReplyDelete
  44. the lungeange it will be between us to commant your post.
    so thank you for your visit.

    ReplyDelete
  45. you can gite my email from my blog
    algaladari.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. wiw, gigi emank harus d rawat boss pa lg klo lupa gosok gigi 2 hari jg be karang tuh, jhahaha

    klo mulut ga d rawat jd bau...

    hehehe...

    nice post :)

    ReplyDelete
  47. iyaaaaaakkk betoooollll

    ayo sikat gigi masing masing...

    ReplyDelete
  48. kesehatan gigi adalah hal penting,, karena menyangkut dengan bau mulut... jika kita memiliki bau mulut yang tak sedap, bagaimana mungkin kita akan dengan pedenya berinteraksi dengan sesama... so.. nice info!!

    ReplyDelete
  49. Jujur, ya...
    aku baru rutin gosok gigi sebelum tidur pada 2002
    itupun setelah diberitahu temen kerjaku
    dan sebelumnya sakit gigi adalah langgananku.
    Sekarang tak pernah sakit gigi lagi...tapi kok masih keropos ya.....terangin dong pak dokter masalah gigi keropos kalo perlu di postingan berikutnya, kirim email pemberitahuan ke aku ya kalau sudah posting, tak tunggu. Salam kenal.

    ReplyDelete
  50. gigi sangat penting untuk kesehatan ga ada gigi gimana mau makan kacang?

    ReplyDelete
  51. Wahhh,Alhamdulillah sekarang aku ngga'pernah sakit gigi lagi...!

    ReplyDelete
  52. Gigi sangat penting dari kesehatan....karena saraf-saraf lainnya ada hubungan dengan gigi

    ReplyDelete
  53. Ngeri banget ya..

    gigi dan mulut adalah panca inra vita patut di utamakan pemeliharaannya

    salut bANG

    ReplyDelete
  54. hehe...jarang neh...kadang-2 aja kalo gak ngantuk

    ReplyDelete
  55. kunjungan balik neh mau jawab pertanyaan. itu masalah upload dan dolar jadul sering banget di kirimin pake paypal walaupun sedikit tapi lumayan banyak lah. kalau emang mau daftar daftar aja di postingan jadul tuh tentang upload dan dapatkan dolar.

    http://jadul.com/2009/02/upload-dan-dapatkan-dolar

    maaf bukan bermaksud tapi sapa tau aja yang tertarik..

    ReplyDelete
  56. saya gosok gigi 2x sehari he he he

    ReplyDelete
  57. waduuuuh sepertinya aku jarang gosok gigi kak hahahaha

    ReplyDelete
  58. Mulut dan gigi memang sangat sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Bukan hanya sanitasi gigi yang buruk menyebabkan gigi sakit, tetapi juga gigi dan mulut adalah pintu gerbang tubuh kita ke organ2 tubuh lainnya. Pembuluh darah yang berada di bawah gigi kita terkoneksi dengan pembuluh2 darah lainnya di dalam tubuh kita. Jadi gigi yang busuk dapat menjadi pintu gerbang bagi bakteri2 yang pathogen dalam memasuki tuubuh kita..... Good posting...!!

    ReplyDelete
  59. Gigi ? jangan sampai deh sakit gigi... lebih baik mencegahnya daripada mengobatinya

    ReplyDelete
  60. aku dah koment belom ya disini?? lupa ...hiks..
    kalo bisa jangan sampe deh sakit gigi..liat orang sakit gigi aja sudah ngeri hehehehe

    ReplyDelete
  61. penting banget tuh, kalo nggak di jaga bisa kemana2 hehee

    ReplyDelete
  62. gigi gerahamku udah ilang 2 :(

    ReplyDelete
  63. trims ya udah mampir dan nice koment nya

    ReplyDelete
  64. gosok gigi sebelum tidur..PASTI? sampai-sampai hilda anak kami yang pertama, kalopun tertidur kalo belum gosok gigi tangah malam terbangun minta gosok gigi..hehehe..padahal kita udah ngantuknya bukan main..

    ReplyDelete
  65. weks...komentnya pake moderasi ya..pantesan ngga muncul-muncul..hiks

    ReplyDelete
  66. sebelumnya saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas berkenannya singgah diblog saya yang sederhana. sedikit kasih komentar nih. menjaga kesehatan gigi selain sehat juga dapat meningkatkan gairah dan semangat hidup....lam kenal ya

    ReplyDelete
  67. gw belom mandi nihh... berarti belom gosok gigi... jadi, gigi gw gimana doongg?? kayak di atas itu?? hiiii

    ReplyDelete
  68. wah... saya paling takut kalo suruh ke dokter gigi. mesti milih2 kalo ke dokter gigi

    ReplyDelete
  69. lha ini patut di aplikasikan nih

    ReplyDelete
  70. gimana caranya biar ga kena gusi berdarah mba???

    ReplyDelete
  71. Wah mas..huebattt commentnya banyak
    gimana tuh caranya??

    kalo aku untuk membuat gigi sehat
    lebih baik banyak ketawa..
    walopun sedikit masuk anging sih
    he..he

    ReplyDelete
  72. klo sikat gigi sih emang harus rutin yah, tapi klo periksa ama dokter gigi, apa biayanya gak kemahalan tue mas :D

    ReplyDelete
  73. huaa...
    saya skarang ini lagi sakit gigi... hmmm keknya ga bisa dianggap remeh nih
    thnx mas buat share artikelnya :D

    ReplyDelete
  74. ya jelas mas...eh kadang kadang ....salam fantastic

    ReplyDelete
  75. Huehuehue..... blog kesehatan nih? Wah... bisa duet dengan blog saya nih.....

    Hm, bagus banget infonya.... sedikit saran, tolong diperbaiki format penulisannya agar ada jeda di tiap paragraf.

    Salam... maaf klo saya cerewet... hihihihi......

    ReplyDelete
  76. kadang klo inget :D

    ReplyDelete
  77. bos , katobengke itu artinya apa ?

    ReplyDelete
  78. Aku mah rajin ke dokter gigi... hingga semua orang di sekitarku aku bikinin janji sama dokter gigi setiap 6 bulan sekali ... setuju/tak setuju ...

    ReplyDelete
  79. niat aku selalu gosok gigi biar fresh dan pede, tapi klo dah kesogok..trus senut senut ga ketulungannn.. wuihhh.. jangan tanya deh.. aku banting patah jadi belah dua twuh sikat.. serius.. tapi tetep seh aku beli lagi juga sikat baru.. abis sakit..sebel.. -Loh, kenapa jadi buka kartu dimari yak..$%$#@#$^&&%-

    ReplyDelete
  80. sikat gigi sebaiknya 3 kali sehari..bukanya 3 hari sekali. semoga mengingatkan kita semua.. klo sikat gigi sebaiknya setiap hari. -klo ada yang bingung, pegangan yaa- :)
    -apa seh aku nehh..%^%$$#@#$^..-

    ReplyDelete
  81. Wach udah rame banget ya Bang temannya..sukses ya terus berkarya dan berjaya

    salam sukses selalu

    oh ya kalau mengenai kerja hacker saya kurang paham

    ReplyDelete
  82. waduh...
    sepertinya saya harus membiasakan diri sikat gigi sebelum tidur...
    :|

    makasih utk info nya..

    ReplyDelete
  83. Jujur saya nyesel
    Saat kecil saya jarang gosok gigi dan biasa ngemil permen menjelang tidur

    Alhasil ke dokter gigi saat kecil saya langganan
    Karena sering sakit gigi

    ReplyDelete
  84. jarang boss...xixiixiix

    ReplyDelete
  85. gigi cemerlang gigi putih bersih gosoklah gigi anda sebelum tidur...:)

    ReplyDelete
  86. horee, aku gosok giginya 3 kali sehari

    ReplyDelete
  87. sikat gigi wajib =)

    ReplyDelete
  88. diusahakan untuk sikat 9i9i sebelum tidur..
    tapi meski suda rutin,9i9iku kok tetep ajah jelek yakh?
    da dari sonona kalee ya ehheh..
    makasi da sin99ah yaa..:)

    ReplyDelete
  89. Saya lagi bermasalah dengan gigi saya. Duuuuhhh... kalo lagi sakit, mending sakit hati daripada sakit gigi ini.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  90. mulut adalah 'output' kita ke dunia luar. sudah selayaknya dijaga kebersihan dan kesehatannya. ;)

    ReplyDelete
  91. Kebiasaan saya??? Biasa ga pernah gosok gigi sebelum tidur. Ngerokok juga. Itulah. Kebiasaan yang susah diilangin.

    ReplyDelete
  92. hiks jujur aja kalo malem sbelum bobo'suka ngelupain sikatan habis yg dmenangin capenya duluan seh:D

    ReplyDelete
  93. jadi sadar diri aku setelah membaca tulisan ini, makasih mas... saya termasuk orang yang malas untuk gosok gigi ketika malam menjelang tidur... :D

    ReplyDelete
  94. Katanya flouride adalah salah satu bahan bikin bom ya? Wah, teorinya sih udah hapal dari orok mas, prakteknya yang susah, hihihi... Salam kenal :)

    ReplyDelete
  95. hoaa mbaaaaa...gmn cr ilangin gusi bedarah??? kl sikat gigi kadang gusi c.cutie bedarah..apa krn terlalu keras ya gosoknya???

    wewewewewwweee...c.cutie ada kok tiap hari, cuma akir2 ni lg sibuk, jd ga bs balas komen di c.cutie. c.cutie hrs ngurus blog2 yg laen...hiksss hikss...cape...!!!

    ReplyDelete
  96. wah, kalo ini saya setuju!!
    slain sikat gigi teratur, sikat giginya juga harus benar n bersih ya...

    ReplyDelete
  97. memang sakit gigi gak enak rasanya... kalo sakit hati mah gampang obatnya sakit gigi bikin badan kurus ehhehe

    ReplyDelete
  98. klo gag jaga gimul..jamin deh bakalan krisis pede

    ReplyDelete
  99. lha ini emang aku paling males kalo disuruh sikat gigi sering2
    paling cuma 2x pas mandi pagi ama mandi sore.
    itu aja kalo mandinya 2x lho wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  100. mmh.. struktur gigi yang g rapi kadang bikin kesehatan gigi yang max susah dicapai. gimana dong?

    ReplyDelete
  101. jarang, hhe....
    tp ktnya klo jarang gosgig *gosog gigi* mningkatkan risiko kna pnyakit jantung jg..

    ReplyDelete
  102. gak cuman gosok gigi...tapi juga pake dental flosh, sikat lidah, plus yang buat kumur2...

    ReplyDelete
  103. wah postingan yg sangat berguna...

    ReplyDelete
  104. Blog yang bagus..

    ReplyDelete
  105. Saya rasa penting sekali sobbb....

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS