Air Kelapa, Baik untuk Rematik dan Stroke

MAKASSAR, FAJAR - Menghadapi cuaca panas, kadang-kadang tenggorokan terasa kering.  Lebih enak jika disegarkan dengan air putih, atau air pilihan lainnya, seperti air kelapa.
Banyak jenis air buah yang bisa kita konsumsi.  Namun, tidak semua mengandung obat.  Air kelapa misalnya.  Selain efek kesegaran mengusir dahaga, juga mengandung elektrolit alami yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Apalagi pada saat sekarang, dengan cuaca yang sangat panas sehingga orang-orang mengomsumsi air kelapa muda untuk memulihkan cairan dalam tubuhnya.
Ada juga yang memanfaatkan air kelapa muda untuk ibu yang sedang hamil.
Terapis herbal, Peter Gabriel atau yang akrab disapa Abdul Qadir Djaelani, kepada Fajar mengungkapkan, air kelapa memiliki banyak manfaat.  Selain dikenal sebagai penawaran racun, Peter menyebutkan air kelapa juga bisa untuk rematik dan stroke.
"Air kelapa terkenal sebagai penawar racun. Namun, selain itu, air kelapa ini juga bisa untuk meringankan penyakit lain seperti stroke dan rematik,: kata Peter.
Biasanya, banyak orang mengonsumsi air kelapa sebagai pelepas dahaga.  Namun, jika kita sudah mengetahui manfaat lainnya, maka tidak ada salahnya air kelapa muda menjadi obat alternatif tradisional yang dapat menjadi solusinya.
Ahli Gizi, prof Razak Thaha, mengungkapkan bahwa air kelapa muda lebih bermanfaat dari pada air kelapa tua.  Hal tersebut dikarenakan kandungan air kelapa tua telah diserap oleh daging kelapa sehingga daging tersebut menjadi keras.
Prof Razak juga menjelaskan bahwa air kelapa juga baik untuk wanita yang sedang hamil.  katanya, bila rajin minum air kelapa muda, terutama di trimester ketiga kehamilan, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebar rambutnya, dan bening matanya.

Sumber : Harian Fajar Makassar - halaman Kesehatan - 14 April 2012

No comments:

Post a Comment

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS