DAMPAK STRESS TERHADAP PENYAKIT MAAG

Saya yakin salah satu jenis penyakit ini anda sudah kenal yaitu penyakit maag. Sebab penyakit ini sudah sangat familiar namanya dan banyak diantara atau mungkin anda salah satu yang terkena penyakit ini. Karena mungkin jenis penyakit ini sudah terkenal di mana-mana sehingga tak jarang membuat sebagian orang acuh terhadap penyakit ini dan baru tersadar ketika penyakit ini telah menggrogoti lambung anda. Mungkin salah satu penyebabnya karena kekurang pengetahuan kita tentang riwayat penyakit ini.

Tahukah anda bahwa walau penyakit ini terdengar sepele namun ternyata dapat menimbulkan kematian (jika terkena maag kronis). Penyebab penyakit ini bukan hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur namun juga ternyata disebabkan pula oleh keadaan stress.
Mungkin anda akan bertanya, kok bias yah stress dapat menyebabkan penyakit maag? Apa hubunganya?.....
Menurut salah satu dokter di rumah sakit wahidin sudirohusodo, makassar, kondisi lambung yang normal dapat terganggu oleh beberapa factor yaitu diantaranya factor organic dan factor fungsional. Adapun factor organik di pengaruhi oleh pola makan misalnya jenis makanan yang dimakan, teratur tidaknya waktu makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Jadi jika pola makan tidak teratur dimana perut sudah terasa kosong namun tidak diisi maka akan menyebabkan asam lambung terus menggerus lapisan lambung.
Selain factor tersebut penyakit maag juga dipicu oleh keadaan stress misalnya stress karena banyaknya pekerjaan sehingga waktu makan terabaikan. Terkadang memang hal ini kita tak sadari karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau adanya deadlaine dari atasan maka tak sedikit orang yang mengalami hal ini.

25 comments:

  1. inilah salah satu informasi menarik dan perlu diketahui semua orang. Benar bahwa, maag sering disepelehkan.Banyak yang belum paham bahwa maag dapat menyebabkan kematian. Perlu penyadaran terus menerus.

    ReplyDelete
  2. maag... gw ampe pernah diangkut ke UGD gara2 maag kambuh di kantor... hehe

    ReplyDelete
  3. makasih bro diingatkan nih klu jangan stress hehehe...betul zie jg kambuh magnya krn stress sm kerjaan biasanya tp jarang sih setahun sekali klu pas ngerjain agenda tahunan..btw ttg diagram KB zie jg blm pengalaman nih br teori aj itupun dr kuliah

    ReplyDelete
  4. huhuhuhu iyaaah ni kayanya...kalo gi banyak kerjaan yang bikin bete...maag jadi kambuh d... trus solusinya apa ni selaen minum mylanta...dan selaen ga boleh stress juga?

    ReplyDelete
  5. Waduh saya sepertinya juga punya maag tapi masih sangat ringan..
    Cuman kalo gak makan seharian n makan sambal super pedes..

    ReplyDelete
  6. Saya salah satu yang mengalaminya :)
    Stress ini benar2 membuat kita mendapat banyak masalah. Selain meningkatkan asam lambung, stress juga memicu hormon2 yang destruktif. Saya ada bahas ttg ini juga di blog saya, jika berkenan silahkan mampir mas.
    Ini artikelnya
    Rahasia Umur Panjang Ala Einstein

    Salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  7. untungnya perut saya berjenis perut karet yang selalu minta di isi... abisnya perut saya punya alarm krucuk2.. wkwkwkw... klo dah gitu, gak ada alasan lagi buat nolak makanan yang enak2. wakakaka....... dasar juga neh perut, gak tau klo majikannya lagi bokek... wakakaka

    ReplyDelete
  8. wah bener tuh, zaman sekarang kayaknya sudah banyak yang jadi korban maag

    terus visit http://bayusmart.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. iya,biasanya kalo sedang stress,org merasa sakit perut..
    salam kenal juga bro

    ReplyDelete
  10. stress benar2 berpengaruh pd maag. thk diingatkan..

    ReplyDelete
  11. biasanya aku kalau udah kerja pasti lupa makan, jadi sring maag..
    sakitnya kayak di tonjokoin tyson..
    hehehe

    ReplyDelete
  12. makasih ats info kesehatannya bro, perlu jg kt2 dikasih pengetahuan ttg kesehatan, thank ya bro n' makasih jg udh sudi mampir di saung kami.

    -admin saung-

    ReplyDelete
  13. he..he..he...he...

    klo aku bang gimana mau kena maag...
    abisnya semboyan dalam hidupku

    "makanlah sebelum lapar dan berhentilah sesudah kenyang"

    :piss

    ReplyDelete
  14. aku paling takut dengan yang namanya stress..

    ReplyDelete
  15. iya mas, tetangga sy malah ada yg meninggal krn magh.

    ReplyDelete
  16. Iya nih. Aku juga mengalami Maag karena banyak tugas. Streesss berat.

    ReplyDelete
  17. itu mas linknya ud saya sertakan :
    http://blog.ngetrend.com/ecko/2008/07/15/menguak-rahasia-umur-panjang-dari-einstein/
    coba di cek :D

    heh heh heh

    ReplyDelete
  18. wah gitu ya

    saya punya penyakit maag nih

    klo udh maag saya kudu minum tang manis2 biar asam lambung bisa netral
    kata dokter lo

    hehe

    ReplyDelete
  19. sangat bermanfaat, thanks bos informasinya....

    ReplyDelete
  20. maagku kambuh bukan karena stress tapi karena kopi hiks...hiks...hiks...

    ReplyDelete
  21. wah aku kalau sehabis makan pasti penyakit mah ku kambuh... mah ngantuk ama mah wareg (kenyang je)

    ReplyDelete
  22. memang... kalau stress kadang suka mual.. bisa jadi ini pengaruh asam lambung yang meningkat ya..

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS