Gambaran Umum Demam Berdarah

Tahukah anda bahwa ternyata demam berdarah itu awal mulanya terjadi pada tahun 1780-an yang mana secara bersamaan terjadi di tiga benua yaitu benua Asia, Afrika dan benua Amerika (Amerika Utara). Namun penyakit ini mulai teridentifikasi pada tahun 1779.

Penyakit Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aaedes aegypti. Hingga saat ini Penyakit Demam berdarah merupakan salah satu penyebab kematian yang sangat mengkhawatirkan terjadi dimuka bumi ini. Anak-anak merupakan salah satu korban yang banyak terjadi termasuk di Indonesia.
Perlu digaris bawahi bahwa hingga sekarang ini belum ditemukan vaksin yang secara komersil dapat digunakan untuk penyakit ini. hanya pencegahan yang merupakan salah satu bentuk yang perlu diperhatikan.
Adapun gejala yang bisa ditemukan pada pasien yang terkena demam berdarah adalah sebagai berikut :
1. Terdapat bintik merah bekas gigitan nyamuk yang bila ditekan warnanya tetap merah.
2. Biasanya pasien mengalami demam secara tiba-tiba.
3. Mengalami sakit kepala yang cukup berat.
4. pasien juga Mengalami sakit pada sendi dan otot
4. terkadang juga mengalami radang perut dengan kombinasi dengan rasa mual dan muntah-muntah.

Jika terjadi ini pada diri kalian atau keluarga bahkan tetangga sebaiknya segera memeriksakan diri ke puskesmas atau dokter rumah sakit agar tidak menimbulkan sakit yang parah. sebab biasanya jika terlambat dilakukan pertolongan maka terkadang berujung dengan kematian.

50 comments:

  1. aku dulu kena db tahun 1987...masih baru-barunya virus itu ada

    ReplyDelete
  2. saya jg pnh kena demam berdarah wktu SD...persis apa yg km post neh ky gitu..ga enak bgt kl uda kena..

    ReplyDelete
  3. waduuuh,,infonya lueengkap banget mas!! salut deh. tapi setauku demam berdarah tidak disebabkan oleh nyamuk Aaedes aegypti, namu karena infeksi dari virus serotipe DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Lha penyebaran virus ini yang melalui nyamuk.

    ReplyDelete
  4. baru duaminggu yg lalu selesai semprot nyamuk, soalnya dah 4 anak dalam satu gang kena dbd ..
    tetep harus waspada

    ReplyDelete
  5. DB sepertinya penyakit "tua" yang berbahaya, sehingga kalau tdk secepatnya mendapatkan pertolongan, nyawa si pasien sulit terselamatkan. *walah kok jadi sok tahu saya* infonya lengkap dan menarik, mas kato.

    ReplyDelete
  6. ini penyakit mematikan, serem banget. waspada deh biar ga kena

    ReplyDelete
  7. Keren nih bicara kesehatan, coba translate ke English Version, Pakai Adsense juga biar menghasilkan. Soale bicara kesehatan, nilai dollarnya cepet. thanks

    ReplyDelete
  8. wah... saya dulu pernah kena DBD... 8 hari dirawat di RS... saya bantu dengan minum angkak alhamdulillah cepet naik trombositnya...

    gak lagi2 dah kena DBD... hii... ngeri...

    ReplyDelete
  9. saya pernah kena DBD tahun 2007 dirawat di RS selama 8 hari, alhamdulillah trombosit saya cepet naik. saya dibantu dengan minum angkak...

    btw ogah.. kena DBD lagi hiii... ngeri dah...

    ReplyDelete
  10. Siang ini suamiku dapat telpon dari teman kantornya utk ngabarin berita duka. Anak dari teman kerja suamiku meninggal dunia kena DB. Tuh anak baru kelas 1 SMP dan harus menyerah kalah akibat serangan DB.
    Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

    ReplyDelete
  11. Trimaksi atas infonya... sangat bermanfaatt!!
    Saluttt :)

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah saya tidak pernah merasakan penyakit yang satu ini.. :)

    ReplyDelete
  13. mmg skrg Qta mesti lbh waspada dan lebh mengantisipasi keadaan ini...baru2 kmrn dkt rumah temen, ada lagi 1 korban DBD, pdhl dia seumuran dgnQ, syaang banget... ini karena kurang was2 dan perhatian yg lebih.. :) smeoga infomrasi ini berguna bagi para pembaca dan lebh hati2 trhdp penyakit ini...
    mksh jg udah mampir k blogQ
    salam kenal

    ReplyDelete
  14. Info yang lengkap ... nambah pengetahuan tentang yang selama ini sering di dengar tapi hanya sebatas bahaya saja.

    ReplyDelete
  15. Aduh,, semoga ndak pernah kena penyakit ini... Sehat2 saja.. Amin

    ReplyDelete
  16. Maksud ku, ditranslete dulu postingannya, baru gabung adsense bos. ini khusus adsense google. Google maunya yang berhasa inggris mulu. sekali-kali bisa pakai yang bahasa indonesia, tapi saat daftar disarankan pakai yang bahasa inggris dulu. Tapi bicara adsense yang berbahasa indonesia juga banyak. Jadi nggak harus di translate postingannya. gitu loooh. (sory salah ketik kemaren. Mengingat dunia kesehatan banyak diminati. itu aja maksud saya. Adbrite juga bisa koq...silahkan seraching sendiri. Woke? TX

    ReplyDelete
  17. itu bintik2nya cuman di bekas gigitan nyamuk ato juga di bagian tubuh laen yaah?

    ReplyDelete
  18. terlebih lagi dimusim penghujan ini, kita harus lebih waspada lagi yah mas

    ReplyDelete
  19. Aku takut db, mengerikan. Teman aku "lewat" gara-gara db. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
  20. wah, info yang bermanfaat nih pak, untuk mencegah demam berdarah dan mengetahui tanda tandanya


    thanks

    ReplyDelete
  21. Semoga kita terhindar dari DB

    Berhati-hatilah ! :)

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah say belum pernah menemuinya Maz..

    but bukan berarti tidak ada persiapan, ilmu dan pencegahan dengan 3 M senantiasa saya lakukan..

    Salam...

    ReplyDelete
  23. ooo jadi begitu... thx jadi bisa lebih seha :P

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah...sampai sekarang Bendol belom pernah kena tuh penyakit.
    Jadi...Vaksinnya masih belom ditemukan ya?
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  25. alhamdulillah blom pernah kena penyakit inih gw...


    cuma negor n ade post baru di blog ane

    ReplyDelete
  26. saya kena DBD gejala umumnya malah gak tau. soalnya kan blm pernah kena DBD... jadi ya saya pikir mau sakit flu aja nyeri tulang, panas, pusing, keringat dingin keluar terus.. tapi gak mual makanya saya pikir bukan DBD setelah 3 hari panas naik turun akhirnya ke laboratorium positif DBD langsung siangnya masuk RS..

    ReplyDelete
  27. wah, lagi lagi infomasi yang sangat berguna nich mas..
    makasoh ya infonya..
    semoga aja kita gak akan pernah kena penyakit ini..
    dan semoga aja kita selalu sehat..

    ReplyDelete
  28. contentnya informatif sekali.... layak untuk dikunjungi lagi laen hari... salam kenal juga mas...

    ReplyDelete
  29. Aha... blog ini sangat informatif... makasih yach.. boleh berlangganan ga.. bahasanya juga renyah lugas enak dinikmati..hayo ya lebih semangat lagih...

    Kehormatan banget bagi budhe telah dikunjungi.. jabat erat slalu..

    ReplyDelete
  30. wah..artikelya bagus nih..
    pas dg suasa na hujan ya memang bisa menimbulkan banyak DBD dimana mana...
    kita harus waspada

    SMANGAT
    Yup !

    PS: maaf br bisa mampir sobat

    ReplyDelete
  31. Okay... markoTop dech..makasih

    Artikelnya sangat bermanfaat dan mendatangkan kemanfaatan...sukses yach..All the best for You

    ReplyDelete
  32. inget2...saya jg pnh kena demam berdarah wktu SD...persis apa yg km post neh ky gitu..ga enak bgt kl uda kena..

    ReplyDelete
  33. Wah makin keren aja nih postingannya..sip bgt..

    ReplyDelete
  34. Lagi musimnya sekarang DBD..
    makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  35. alhamdulillah aku belum pernah kena DB

    ReplyDelete
  36. ati2 musim penghujan berbagai penyakit siap menanti, terutama DBD ini...ayo kita bersihkan lingkungan kita

    ReplyDelete
  37. informative posting.....perlu dibookmark!!

    ReplyDelete
  38. mas, klo mau nanya lebih jauh, mas boleh menghubungi saya lewat email atau yahoo messenger.. alamat email saya ganda.manurung@gmail.com atau lewat ym rhe_awan@yahoo.com.... maaf jika saya tidak bisa membalasnya lewat komentar, soalnya saya lagi sibuk mas... hehehe.... ntar klo dah gak sibuk, bolehlah saya balas lewat komentar. hehehe.. sorry for this inconvenience

    ReplyDelete
  39. aku dulu jaman esema pernah kena penyakit ini skaligus ma tipes tapi untung gak sampe drawat drumah sakit, dulu gak ketauan kl db soalnya gak ada bintik2 merah gitu tp terus dpasangin alat apa gitu, baru deh bintik2nya bermunculan plus tes darah

    ReplyDelete
  40. Minggu ini di kompleks tempat tinggal kami akan ada fogging (pengasapan) untuk membasmi jentik nyamuk pembawa DBD. Selama ini saya termasuk rutin pakai serbuk abate yang dimasukkan ke bak mandi dan kolam ikan.

    ReplyDelete
  41. Meskipun DHF meningkat pada musim hujan, tetapi sesungguhnya bisa terjadi sepanjang tahun karena Aedes Aegepty bisa hidup di genangan air jernih...jd waspada sepanjang tahun adalah jawaban terbaik...

    ReplyDelete
  42. Wach lengkap banget sejarahnya...jadi tahu sekarang asal dan gambaran yang jelas tentang demam berdarah

    ReplyDelete
  43. mas di RT saya udah 7 orang. harus gimana nih? minta difogging nggak ditanggapi.

    ReplyDelete
  44. yang namanya demam berdarah jelas berbahaya! itu sih yang aku tau, hehehe...

    salam kenal mas

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS