Mengapa Rematik (Asam Urat) Rentan Terhadap Pria

Asam urat sebenarnya merupakan salah satu jenis rematik yang nama ilmiahnya dikenal dengan istilah Gouth Arthtritis (GA) namun sering kali jenis penyakit ini dimasyarakat lebih beken atau populer disebut dengan nama asam urat.

anda perlu tahu bahwa kadar asam urat normal pada manusia adalah sekitar atau dibawah 6,8 mg/dL. olehnya itu jika kadar asam urat dalam darah melebihi itu (7 mg/dL) pada pria dan pada wanita maka akan menyebabkan gangguan kesehatan. adapun salah satu faktor yang menyebabkan asam urat adalah gaya hidup yang tidak sehat. pertanyaan saya berapakah kadar asam urat kamu?
GA rentan terhadap pria karena asam urat yang berlebih hanya dapat dikeluarkan melalui air seni saja sedangkan pada wanita selain dikeluarkan melalui air seni juga dapat dikeluarkan melalui darah haid sewaktu wanita mengalami Haid. namun jika siwanita itu telah mengalami yang namanya menopouse (umur 50 tahun ke atas) maka wanita tersebut akan rentan terkena yang namanya asam urat tadi. umumnya pada pria yang rentan mengalami asam urat ini adalah pada saat berumur diatas 40 tahun.
sebenarnya sam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin untuk mrndapatkan energi bagi tubuh. dimana metabolisme purin yang normal akan menghasilkan asam urat yang normal pula sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh kita. namun salah satu faktor yang menyebabkan ketidaknormalanya adalah karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan purin.
jika kondisi ginjal kita bagus sebenarnya tak masalah karena purin akan dikeluarkan melalui ginjal namun jika kondisi atau keadaan ginjal kita
bermasalah maka hanya sedikit asam urat yang dapat dikeluarkan lewat air seni akibatnya akan terjadi penumpukan. sebanarnya walau asam urat meningkat dalam darah namun ada enzim yang mengatur dan memberdayakan kembali asam urat tersebut untuk menghasilkan energi namun ada beberapa orang tertentu yang kadar enzim ini kurang yang biasa disebabkan oleh faktor genetik.

28 comments:

  1. terus gimana cara mencegahnya ?:)

    ReplyDelete
  2. Waduh
    Mas isinya Kesehatan doank ni
    Oh ya Template tuh apa se?????????
    G taw aku?????????
    Maklum masi pemula trus Guruku juga masi lom ngajarin aku sampe sejauh itu
    Hehehehehe
    Maapkan atas kepemulaanku ni ya mas

    ReplyDelete
  3. Kalau di infogue.com begini Mas:
    Anda log in dulu. Pada menu atas, klik KIRIM BERITA. Lalu ikuti langkah-langkahnya. Mudah koq. Selamat mencoba! :)

    Maksudnya mengaktifkan profil apa ya Mas?

    ReplyDelete
  4. info yang sangat berguna mas..
    makasih banyak ya..

    ReplyDelete
  5. informasi yangsangat berguna mas..
    makasih ya?
    terus, makanan apa aja yang mengandung purin berlebih?

    ReplyDelete
  6. berguna banget....makasih yaa info nya..

    ReplyDelete
  7. Kalo ngga salah purin bisa dinetralisir dengan banyak minum air. Jadi kalau makanan kita byk mengandung purinnya ya kita minum yang banyak. Gitu ya???

    ReplyDelete
  8. Inilah penyakit yang paling ditakutkan oleh pria dan satu lagi asam urat...orang tua saya yg laki kena asam urat...jadi sedih ngelihatnya

    ReplyDelete
  9. Infonya kurang lengkap...
    Mohon dilengkapi lagi, untuk memenuhi permintaan para komentator diatas saya..

    ReplyDelete
  10. Penyakit yang paling ditakuti oleh pria..dan satu lagi asam urat

    kalau udah kena sungguh menyedihkan

    Thanks bro sharinnya, mantap buat jaga2

    ReplyDelete
  11. Makanan yang mengandung purin itu apa aja ya?

    trims :]

    ReplyDelete
  12. wah penting ini mas...
    enzim apa namanya mas, kan bisa dicari makanan untuk mengaktifkannya lagi...

    ReplyDelete
  13. Infonya bagus mas.
    Tapi..bikin kita takut aja...

    ReplyDelete
  14. uhmmm...makanan pantangan untuk asam urat tuch selain emping ama kacang apalagi ya?
    makaci...salam kenal :)

    ReplyDelete
  15. o0o...
    gitu ya...?
    btw purin tu apaan sih..?
    gak ngerti aq...

    ReplyDelete
  16. wah saya baru tahu info ini :)

    wow, brarti kesehatan ginjal point utamanya neh ;)

    nice post :)

    ReplyDelete
  17. Siiip, bro. artikelnya manfaat bengets. btw, NT ni tabib ngerangkap jadi guru (pahlawan tanpa tanda jasa), ya? :D
    Lam kenal....

    ReplyDelete
  18. asam urat bisa di cegah dengan rajin berolahraga. waktu bangun tidur, putar seluruh persendian Anda, dari kepala sampai kaki, utk mengurangi pengapuran....

    Indra Widaryanto

    ReplyDelete
  19. seingatku enzim yang mengatur metabolisme purin dan uric acid tuh kalo gak salah namanya adenine phosphoribosyltransferase (APRT), hypoxanthine phosphoribosyltransferase (HGPRT) dan xanthine oxidase. bener gak ya? masalahnya udah bertahun-tahun yang lalu sih..heheeee

    ReplyDelete
  20. link udah saya pasang, mohon di link back

    ReplyDelete
  21. kalo perempuan katanya lebih rentan ya... kena asam urat walah2 sakit banget... ibuku pernah dulu.. kesian...

    ReplyDelete
  22. sekarang saya masih 20 sekian tahun, lha untuk mencegah agar tidak kena asam urat gimana mas?

    ReplyDelete
  23. sumber artikelnya dari mana ya mas...
    makasih sudah sharing info

    ReplyDelete
  24. thanks for the english comment again...i am just ranting in my site about a friend who backstubbed me and talking bad things over me which are not true.......hehehe

    ReplyDelete
  25. aku udah dari umur 35 kena nih penyakit sekrang 38.. nyerinya minta ampun, emang penyebabnya berhubungan dengan ginjal kok... mungkin keseringan kerjanya duduk/back office dan kurang minum kali ye...

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS