Banjir Datang, Waspada Terhadap Leptospirosis

Disini saya akan menjelaskan salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai di saat musim hujan seperti saat ini selain penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Yaitu penyakit Leptospirosis. Mungkin anda salah satu yang telah mengenal penyakit ini (Leptospirosis) namun saya juga yakin pasti diantara anda juga belum mengetahui apa sebenarnya laptospirosis ini.

Leptospirosis adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman leptospira yang terdapat pada air seni (kencing) hewan pengerat seperti tikus. penyakit ini sangat berbahaya karena bersifat Zoonosis, maksudnya selain dapat menyerang hewan juga dapat menyerang manusia atau sebaliknya. Olehnya itu anda diharapkan waspada sebab kuman ini sangat menyukai daerah yang kotor, lembab dan juga pada genangan air sehingga tanpa kita sadari kuman ini bisa terdapat di air tergenang seperti banjir.
Penyakit ini akan berakibat fatal jika menyerang manusia sebab kuman ini dapat merusak jaringan hati bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal dan jika terlambat ditangani maka akan menimbulkan pendarahan pada otak. Kuman ini menular ke manusia (masuk ketubuh manusia) melalui luka atau adanya lecet di kulit dan juga bisa melalui selaput di dalam mulut, hidung dan mata.
Adapun gejalanya pada manusia yang menderita penyakit leptospirosis adalah mengalami demam tinggi (mirip DBD), dan penyakit leptospirosis ini juga memiliki ciri khas yakni nyeri oto pada betis, sakit kepala yang akut dan pada mata berwarna merah seperti yang sakit mata namun mata merah yang disebabkan penyakit ini tidak menimbulkan kotoran seperti sakit mata pada umumnya. Terkadang penyakit ini bertambah parah pada pasien karna dikira hanya demam biasa sehingga hanya diberi obat anti biotik biasa. padahal jika penyakit ini tak segera di obati bisa berakibat fatal alias mengakibatkan kematian.
Olehnya itu, untuk melakukan pencegahan sebab orang bilang lebih baik mencegah dari pada mengobati maka jika anda habis berjalan atau habis melakukan aktifitas yang bersentuhan dengan apa saja yang memiliki kemungkinan tersentuh oleh kuman ini sadar atau tidak sadar sebaiknya anda segera membersihkan diri dengan sabun sebab kuman ini mati jika terkena sabun. Kuman ini juga mati pada suhu yang tinggi dan bila terkena desinfektan.

Perhatian : Jika anda menemukan gejala seperti yang saya uraikan diatas semisal ini terjadi pada keluarga anda, tetangga, teman atau bahkan diri anda sendiri maka sebaiknya segeralah melakukan konsultasi atau berobat di rumah sakit atau puskesmas terdekat.
Semoga artikel ini bermanfaat......!!!

60 comments:

  1. konon masa inkubasi penyakit ini berlangsung selama 7-12 hari dan ciri-cirinya seperti gejala flu. gejala2nya mirip sakit kuning.
    moga2 tidak sampai terkena..dan bersyukur daerah bunda tidak banjir

    ReplyDelete
  2. Wah bener nih
    kita musti makin waspada

    makasih dah menginformasikan

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas postingan artikel yang bermanfaat ini, mohon izin nge-print untuk referensi info di rumah saia, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Nah..bener juga tuh lebih baik mencegah dari pada mengobati dan di Jakarta keseringan banjir.

    ReplyDelete
  5. Mantap cuy...
    sukses ya...

    silahkan mampir..
    http://gitarkeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. wauh...ilmu kesehatan nih...manteb dah

    ReplyDelete
  7. wah.. info yg bagus nih...
    soalnya jakarta lg rawan2 banjir nih.. :-D

    ReplyDelete
  8. ooooo..
    DB itu ada macem macem ya?
    tak kirain cuman 1 macem aja..
    nice post mas..

    masalah scroll :
    digunakan untuk menghemat area sidebar..
    kalau punya widget yang panjang ke bawah,seperti widget "TULISAN SEBELUMNYA" punya sampeyan itu, panjangnya ke bawah bisa di atur menggunakan scroll..
    jadi area sidebar bisa di hemat..

    ReplyDelete
  9. musibah yang satu bisa menghadirkan musibah yang lain; seperti sebuah lingkaran yang susah diputus; baiklah, ikut waspada.

    ReplyDelete
  10. Silahkan ambil script nya pada box text area itu..
    nah pada <---SCRIPT DARI WIDGET YANG AKAN DI PASANG SCROLL---> silahkan ganti dengan script widget nya..

    ReplyDelete
  11. Wah
    Asik
    Bagus buat info tapi di daerahku gak ada banjir deh
    Ya tapi masi bermanfaat kok
    Trims, oh ya mas katobengke itu maksudnya apa ya???
    Gak ngerti aku

    ReplyDelete
  12. Wah..wah..wah......saya harus waspada dengan penyakit yang satu ini...
    kebetulan daerah saya rawan banjir mas...
    makasih infonya nih...N' salam kenal balik ya...

    ReplyDelete
  13. wah pikiran kita sama...salam kenal

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat banget bos. Apalagi sekarang lagi musim hujang.
    Sip..
    Makasih.

    ReplyDelete
  15. thank's infonya..tempatku langganan banjir walau cuma semata kaki didepan rumah,tapi harus tetap waspada

    ReplyDelete
  16. Info yang bagus, semoga tetap semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  17. makasih nih buat info demam berdarahnya.

    untuk buat tukeran link sangat gampang sekali

    kalau mau kontak saya via Ym nanti saya kasih tahu

    ReplyDelete
  18. waktu hujan kita memang harus lebih waspada terhadap macam2 penyakit...
    maklum kualitas hidup masyarakat masih belum baik.

    nice post...

    ReplyDelete
  19. thanks for the visit...but sorry don't understand indo language..feel free to visit my other sites...thanks..

    http://gemstarlightexpress.blogspot.com Simply The Best
    http://www.rubybenz.com Euroangel Graffiti
    http://www.theworldwidewebaddict.rubybenz.com WWW Addict
    http://www.mydailynourishment.rubybenz.com Daily Nourishment
    http://myeurotravelandadventures.blogspot.com Euro Travel
    http://www.euroangelsgermany.com/Explore Germany
    http://www.myeuroangel.com/ Discover USA
    http://bloggirl08.blogspot.com/ Blog Connections

    ReplyDelete
  20. Wah benar sekali, thanks atas infonya ya,,,

    ReplyDelete
  21. denger2 air seni tikus bisa bikin kita meninggal ya??? wah,,,bahaya jg ya. nah, buat yang suka beli minuman kaleng di supermarket, sebelum diminum langsung, dicuci dulu penutup kalengnya sampe bersih br bebas kencing tikus

    ReplyDelete
  22. Sudah biasa, banjir seperti ini menyebabkan kuman bertebaran dimana-mana yang bisa menjangkiti manusia.

    ReplyDelete
  23. wah harus waspada nih....
    pas hujan2 kayak gini hehe...

    ReplyDelete
  24. kalo bogor bukan banjir yang datang, melainkan ujan yang ga pernah pergi..

    jakarta yang kena..
    sory ya.
    hehehe

    ReplyDelete
  25. alhamdulillah rumah ku gak pernah kebanjiran

    ReplyDelete
  26. hayoooooooooooo... semua harus ikut waspada! untung daerah tempat tinggal saya bukan daerah rawan banjir... fyuh..........

    ReplyDelete
  27. waspadalah..waspadalah..waspadalah..
    bahaya banget neh kalo kena penyakit yg satu inih..

    ReplyDelete
  28. wah iya neh, sekarang lagi musimnya ujan - ujan :D

    ReplyDelete
  29. gawat.. kudu musti harus dan wajib hati2 aware...

    senoaji

    ReplyDelete
  30. tengak tengook,... dateng ketempatku nggak ya?? he he ee... jadi ngeri neeh soalnya tempatku sering banjir neeh...!!

    ReplyDelete
  31. artikel yang bagus :)

    thnkz info nya

    salam kenal

    ReplyDelete
  32. Wah, aku dah kena DBD 2x, gawat kan...... mesti hati hati, hehehehe

    ReplyDelete
  33. ea.. kudu hati2 neh!!!

    oiya.. makasih komennya, tp jangan lupa berkunjung primary ke blog dhe yah!!

    di http://matahari-siank.blogspot.com/

    makasih :D
    *salam kenal

    ReplyDelete
  34. makasih tipsnya nih, harus siap2 emang. biasanya pasca banjir penyakit berdatangan. Salam.

    ReplyDelete
  35. weks.. gitu yach boss.. wah mesti ati-ati neh

    ReplyDelete
  36. Thanks sobat atas infonya... memang lebih baik mencegah daripada mengobati :)

    ReplyDelete
  37. Leptospirosis bahaya tu ... baru tau naman penyakit itu. Makasih infonya. DB itu kenapa ya susah banget diberantas? Khas daerah tropis ya?

    ReplyDelete
  38. wah...iya tuh di jakarta lagi banjir banyak kotoran tikus hiii ngeri dah..........

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah di jogja gak banjir.... dan semoga gak kena banjir...

    ReplyDelete
  40. Good article .... memberi pemahaman baru

    ReplyDelete
  41. Bener nih, kita mesti waspada di musim hujan yang sering jadi banjir ini. Terima kasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  42. Sip sama2, banyak tips sehat disini.

    ReplyDelete
  43. bener juga, di malang sekarang tiap hari hujan ne.

    ReplyDelete
  44. waduh..jadi ngeri juga kl denger berita ini, masalhnya didaerahku sering banjir dan aku paling suka mainan air....

    ReplyDelete
  45. sip2 biarin ujan kan anugerah..tangs om udah mampir

    ReplyDelete
  46. wew, keren2 nih artikel nya..
    btw, sy mw ngurusin badan nih. cr ap yg pling tpat digunain? buat artikelny dunkk....

    ouwh yah, pertanyaan d blog sy dh d jawab. maaph kmrn ga ngeliad.. :D

    ReplyDelete
  47. Nice info nih Bro :)
    Makasih ya

    ReplyDelete
  48. Harus disimpen neh artikelnya. berguna bgt. suwun atas sharenya Kang....

    ReplyDelete
  49. Ohh..bahaya bangat ya Bnag
    dengan keadaan banjir begitu kita gak bisa menebak orang kencing
    harus hati2 sekali
    Thanks ya pencerahannya

    ReplyDelete
  50. sebuah ajakan yg sangat bermanfaat utk kita, terlebih saat ini memang banjir banyak melanda beberapa wilayah didaerah2. Dan bahaya penyakit memang selalu mengancam. Berhati-hatilah :)

    Makasih banyak ulsasnya...

    Salam :)

    ReplyDelete
  51. waw...besok dq beli senapan angin..
    klo ada TIKUS..........DOOOOOORRRRRRRR..

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS