Penyakit Tifus

Seperti yang saya bicarakan dahulu pada postingan yang berjudul GEJALA DAN PENYEBAB TIPES maka saya akan membahas bagaimana cara menangani pasien yang terkena penyakit tifus sebelum dibawa kerumah sakit sebab penyakit ini jika terlambat penangananya maka akan berakibat fatal.
Jika ada keluarga atau kerabat anda mengalami demam, maka sebaiknya jangan demam itu disepelekan sebab bias saja demam itu akibat dari penyakit yang berbahaya seperti DBD dan Tifus.

Dalam pengobatan tifus yang terpenting adalah mendeteksi dan mengobati sedini mungkin sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi (baca GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT TIPES). Jika demam terus tinggi berlangsung lebih dari 5-7 hari atau terdapat gejala yang berhubungan dengan komplikasi tifus (baca GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT TIPES) sebaiknya anda atau keluarga anda membawanya kerumah sakit. Namun sebelum ke dokter , karena biasanya terjadi lain hal maka tak ada salahnya anda melakukan penanganan awal pada pasien tersebut.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:
-memberikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur atau nasi asalkan sipasien mengunyahnya dengan baik.
-Jangan memberikan pasien makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti pudding dan sayur-sayuran. Hindari juga makanan yang pedas atau yang asam sebab dapat mengakibatkan iritasi pada usus dan sangat berisiko menimbulkan pendarahan. Jika usus berdarah akibat hal tersebut masih bias sipasien mengkonsumsi susu namun jika usus bocor maka meminum susu dan makan sebaiknya dihentikan dulu.
-Sebaiknya pasien istirahat yang cukup sebab istirahat sama halnya dengan obat.
-Jangan lupa sering-sering mengkonsumsi minuman sebab disaat kita demam banyak skali cairan yang hilang dan jika anda terkencing-kencing itu lebih baik lagi. Sebaiknya minum air 1,5 – liter/perhari jangan kurang dari itu.
-Mencuci tangan disaat anda mau makan dan minum dan juga jangan lupa menutup maknan dan minuman agar terhindar dari kotoran dan kuman.

Untuk mencegah penyakit Tipes :
Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya juga karena dapat menular melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman tipes yang berasal dari sipendetita. Ada beberapa hal yang bias anda lakukan untuk menghindari penyakit tipes ini yaitu :
-kalau bias anda menghindari mengkonsumsi jajanan dipinggir jalan dan jangan mengkonsumsi telur ayam setengah masak . sebab pada telur ayam biasanya terdapat kotoran ayam yang mengandung kuman tipes.
-Karena sekarang sudah terdapat vaksin tipes yang disuntikan atau diminum yang dapat melindungi anda selama 3 tahun dari serangan penyakit ini.
-Meningkatkan daya tahan tubuh dengan gizi yang baik, istirahat yang cukup (7-8jam/24 jam), olahraga secara teratur 3-4 kali seminggu selama 1 jam.
-Bagi anda yang pernah terserang tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan karena akan lebih mudah kambuh kembali dari pada orang yang tak pernah menderita tipes sebelumnya.
-Hindari makanan yang tidak higienis
-Mencuci tangan sebelum makan.

73 comments:

  1. hadooh... bisa kambuh lagi ya, oke saya nggak mau kelelahan lagi deh, gak enak sakit tipus...

    ReplyDelete
  2. Wow wow wow...
    Bener2 informasi yg sangat bermanfaat buat para pembacanya.
    Nice post Sob...
    Semangat.

    ReplyDelete
  3. met malam,
    makasih informasinya, memang demam tidak bisa disepelekan ya..

    'menjauh'??? duh bukannya menjauh mas iwan, kerjaan khan bukan didepan monitor aja, ada dunia lain yang lebih membutuhkan perhatian melebihi perhatian pada monitor. orang blog saya aja kadang2 gak sempat nengokin ini..hehehe

    ReplyDelete
  4. ogahhh kapok gak mau makan tiiipppuuuttt laggeee PLOK!!! [cobek segede badak] Tipus! bukan tiput!

    wahh benerran gak mau lageee, waktu kecil kalo dah tipus tepar deh di rumah sakit beberapa hari.. kapok pol

    ReplyDelete
  5. wah informasinya bagus om!!! maap baru mampir,truh diblogku ada postingan lagi

    ReplyDelete
  6. Wah! Info bagusss... kayaknya ahli pengobatan nih... ajiiib...benerr... ternyata ngeliat yang ijo2 mata jadi adem ya.... hehe...

    Klo kaki sering kejet2 kenapa ya... kambuhnyasih pas lagi chat ama temen aja... hahaha...

    ReplyDelete
  7. Cara menangani pasien [cewe] tipes adalah dengan memberikan dokter yg tampan, huehehehehe...

    *pengalaman*

    cepet sembuhnya loh, kalo yg nanganin tu dokternya ganteng :p

    *sugesti*

    ReplyDelete
  8. sangat berguna .
    termasuk buat yang kena tifus .

    salam knal :)

    ReplyDelete
  9. Untung aku gak pernah kena tipes..
    Thank ya om infonya..

    ReplyDelete
  10. Wah bisa kambuh lagi to? kirain malah kebal kalo dah pernah sakit tipus. hehehe

    ReplyDelete
  11. Tipes?? dulu aku sempat kena gejala ini, akhirnya mulai memperbaiki pola hidup dan pola makan aja biar ga jadi tipes beneran

    ReplyDelete
  12. hhmm,,blog ni slalu ngasi ilmu yg bermanfaat yah,,bagus,, :-)

    ReplyDelete
  13. wah, lagi-lagi tips bermanfaat nih.

    thank bro tipsnya yah.

    ReplyDelete
  14. wah saya hampir mati makan hewan sejenis gituan :D

    ReplyDelete
  15. Wah.. sangat berguna. tapi nggak berharap ada yang kena tIpes..

    ReplyDelete
  16. info-infonya bermanfaat banget bang..... happy week end ya...??? Salam Sukses

    ReplyDelete
  17. Mencuci tangan sebelum makan,,,,,

    Hindari makan sambil cetingan.... huehehehe...

    ReplyDelete
  18. wah info yang bagus nih buat nanti pas punya anak, tapi mudah2an ga pernah sakit tipus anaknya hehehehe

    ReplyDelete
  19. Wah thanks ni .infonya bermanfaat.Yang terpenting
    pencegahanya

    ReplyDelete
  20. cara cepat mengobati tifus: bunuh aja pasiennya. hehe..

    ReplyDelete
  21. wah pas banget postinganya om??ah ini dia yang dicari cewekq buat tugas FK

    ReplyDelete
  22. AKu dulu pernah opname seminggu karena penyakit ini.

    ReplyDelete
  23. Tifus .....

    semoga tidak menyerang saya !!

    ReplyDelete
  24. Alahamdulillah kita semua masih diberi kesehatan !!!!!!!

    ReplyDelete
  25. makasih tipsnya ya, penting banget nih, soalnya ini penyakit rakyat yang melanda disetiap saat. Saya dulu pernah kena tipus juga, trus minum kapsul cacing, hasilnya alhamdulillah, bagus banget.

    ReplyDelete
  26. semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan bisa selalu menjaga silaturahmi
    makasih postingannya yang mengingatkan betapa berharganya memiliki tubuh yg sehat
    siip bang Iwan..

    ReplyDelete
  27. boleh juga nih tips nya....bisa buat pelajaran

    ReplyDelete
  28. om aku kesini lagi??mw baca2 ah biar pinter tentang kesehatan

    ReplyDelete
  29. Buat yang sudah baca catet baek-baek, ini informasi langka lho, bagus. Jangan habis baca di sini besok lupa.

    ReplyDelete
  30. memang hidup seimbang dan tidak berlebihan adalah kunci kesehatan

    ReplyDelete
  31. Wah... postingan yang sangat informatif nih.

    Tapi masih cukup banyak orang yang belum bisa membedakan antara "typhus" dan "typhoid"..... :D

    ReplyDelete
  32. alhamdulillah ella belum pernah (moga tidak pernah) kena tifus...... ^_^

    ReplyDelete
  33. infonya sangat bermanfaat, akhir akhir ini temen saya banyak yang ke typhus.

    ReplyDelete
  34. jangan lagi deh aku kena tipuzz...

    ReplyDelete
  35. i....waw... :mrgreen:
    waw,,,tips yang bener2 bermangfaat, karena saya adalah penderita tifus akut.... :)

    ReplyDelete
  36. Diriku blom pernah kena tipus nie
    tapi berguna banget siapa tau suatu hari kena
    *amit-amit*

    ReplyDelete
  37. telur ayam setengah masak yah..ok..deh..soalnya aku suka sekali makan yang setengah masak.

    ReplyDelete
  38. kalo aku sih paling ga tahan pusing2 saat tifus.. huhuhu..

    ReplyDelete
  39. makasih pak dokter. saya bookmark dulu neh. oh ya pak dokter, mau nanya neh klo obat kanker ada gak? misalnya kankernya terletak di leher. itu bisa di obatin gak pak? butuh jawabannya nih pak. hehehe... makasih sebelum dan sesudahnya ya pak, kalau boleh, jawabannya lewat email aja ya pak. email saya, ganda.manurung@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Hmmm ... biasanya ada keinginan yang tidak tercapai yang membuat penyakit ini menyerang.

    ReplyDelete
  41. wah aq sering ngalamin gejala tifus euy.,.,

    tips'y bermanfaat bgt nieh.,.,.

    ReplyDelete
  42. suatu saat pasti akan berguna, saya ijin bookmarks yah mas :)

    ReplyDelete
  43. udah pernah kena tiphus. moga2 ndak kena lagi. :)

    ReplyDelete
  44. Kalau meminumkan teh anget kepada pasien Tipes itu boleh gak?

    ReplyDelete
  45. Cuma mo bilang, novel aq yg episode 2 uda meluncur lho...

    ReplyDelete
  46. Pagi pak dokter :) apa kabar hari ini? Sehat juga kan? :)

    ReplyDelete
  47. Pagi2 datang brkunjung nich...smg jd pasien pertama yah,hehe :)

    ReplyDelete
  48. info yang bagus Alhamdulillah sampai sekarang saya belum pernah tertimpa penyakit ini..

    ReplyDelete
  49. makasih infonya, kayaknya harus benar2 cukup tidur dan ngurangi di depan monitor nih...
    blognya bagus :)

    smngt!!!

    ReplyDelete
  50. Deudeudeuh....jangan jajan di pingir jalan...
    kalo ditengah jalan gimana...?
    *kaborrrrr................*

    ReplyDelete
  51. Wah2 mampir lg aq om,biar pinter mslh kesehatan

    ReplyDelete
  52. Bagus Sekali Blognya

    salam kenal

    mampir ke tempat saya ya.........

    ReplyDelete
  53. nambain bro..klo bisa, pada saat menderita sakit, tuk menghindari makanan yg banyak mengandung minyak, kek gorengan dll..gmn cocok??

    ReplyDelete
  54. Saya belum pernah kena tifus..
    :)
    Dan semoga jangan pernah.

    ReplyDelete
  55. dulu kena typus akut... ampe mondok segala...
    semoga ngak kena lagi deh.....

    ReplyDelete
  56. menakutkan juga itu klo kena tipes, trimakasih buat tipsnya...

    ReplyDelete
  57. makasih wan infonya, langsung abang bungkus nih, buat persiapan kalo terjadi lagi

    ReplyDelete
  58. sungguh, ini postingan yang sangat bermanfaat buat pembaca, mas kato, lebih2 buat saya yang sangat awam dalam bidang medis. terima kasih banget info dan share-nya.

    ReplyDelete
  59. temenku lewat, gara2 saat tipus nya blm pulih bnear dia makan tempe goreng.. halahhh, penyesalan yang menyesakkan..

    ReplyDelete
  60. Nah ini yang di tunggu2... thanks bro, postingannya kerennnn

    ReplyDelete
  61. salam knl.thx bgt info tipesnya.saya baca dan simak,krn pgn tau bgt ttg apa sih tipes itu,penyebab dan cra ngatasinnya klo udh kena.soalnya,saat ini bokap saya lgi skt tipes dan udh 4 hri ini msuk rmh skt.tolong mnt doanya ya,dri semuanya spy bokap saya cpt kmbl pulih kshtnnya.thx so much.

    ReplyDelete
  62. titin ihwanul...
    makacie yach atas info'a...

    ReplyDelete
  63. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Tifus yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyatakan dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

    ReplyDelete
  64. tanks benar hari ini aq kena tipes ..jam 5 ampe jam 11 demam tinggi trss dah cek darah ,,katanya dah pasti tipes..mudahan coba tipsnya berhasil mas..tanks...

    ReplyDelete
  65. mudah mudahan jangan sampe terjangkit mas :(

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS