MENGENAL KANKER LEHER DAN KEPALA

Kanker kepala dan leher adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah tumor ganas (bersifat kanker) yang tumbuh pada jaringan ataupun organ manapun di bagian kepala dan leher. Misalnya kanker pada mulut, tenggorokan, sinus, lubang pernapasan, pangkal tenggorokan dan kelenjar lidah. Kanker jenis ini sulit untuk diobati.
Kanker leher dan kepala (tidak termasuk kanker otak, mata dan tulang belakang) rata-rata muncul pada usia 59 tahun. Biasanya kanker kelenjar ludah, kelenjar tiroid atau sinus menyerang usia di bawah 59 tahun dan kanker mulut, tenggorokan atau kotak suara (laring) menyerang usia diatas umur 59 tahun. Kasus kanker leher dan kepala didunia, 60 dari seluruh kasus kanker merupakan kanker kepala dan leher dan kanker ini umumnya menyerang atau diderita oleh kaum pria dan juga mereka yang telah berusia lebih dari 50 tahun keatas. Hal ini mungkin erat kaitanya dengan penggunaan tembakau dan alcohol. Umumnya penyakit ini banyak ditemukan pada Negara-negara dengan tingkat konsumsi tembakau dan alkhol yang tinggi.

Penyebab Kanker Leher Dan Kepala

Umumnya sekitar 85% kasus yang mengalami maslaha ini adalah mereka yang sering mengkonsumsi alkohol dan perokok. Dan juga bias disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, penggunaan gigi palsu yang tidak pas serta menghirup dan mengunyah tembakau.

Gejala Kanker Leher Dan Kepala

a. terdapat benjolan pada leher
Biasanya kanker ini menyebar ke kelenjar getah bening di leher sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jika benjolan ini menetap lebih dari 2 minggu maka harus segera memeriksakanya ke dokter. Memang tidak semua benjolan merupakan kanker namun beberapa benjolan di leher bias merupakan pertanda awal dari kanker mulut, tenggorokan, kelenjar tiroid atau sejenis limfoma maupun kanker darah. Biasanya benjolan ini tidak menimbulkan nyeri dan terus membesar.
b. Perubahan Suara.
Kebanyakan kanker laring menyebabkan perubahan suara. Jika hal ini terjadi lebih dari dua minggu maka sebaiknya memeriksakannya ke dokter.
c. Adanya sesuatu pertumbuhan di dalam Mulut.
Biasanya kebanyakan kanker mulut atau lidah menyebabkan luka terbuka atau pembengkakan yang tak kunjung sembuh. Luka tersebut biasanya tak menimbulkan rasa nyeri kecuali jika terinfeksi. Dan akan terjadi pendarahan pada stadium lanjut.
d. Perdarahan.
Pendarahan seringkali disebabkan oleh penyakit selain kanker. Namun tumor didalam mulut, tenggorokan, hidung atau paru-paru bias menyebabkan pendarahan. Jika selama beberapa hari atau lebih didalam ludah atau dahak terdapat darah sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
e. Kesulitan Menelan.
Biasanya kanker tenggorokan akan menyebabkan kesulitan dalam hal menelan makanan terutama yang padat.
e. Perubahan kulit.
Kanker ini sering ditemukan paling banyak kanker sel basal kulit. Namun jika segera diobati maka jarang menimbulkan masalah. Kanker sel basal umumnya tumbuh pada daerah yang sering terpapar dengan sinar matahari seperti pada wajah, dahi dan telinga. Namun sering juga ditemukan pada bagian tubuh lainnya. Biasanya kanker sel basal ini diawali dengan bercak kecil pucat yang kemudian perlahan-lahan membesar lalu membentuk lekukan ditengahnya yang pada akhirnya membentuk suatu ulkus (borok, luka terbuka). Beberapa kasus sel basal selalu menunjukan perubahan warna.
Kanker lainnya adalah kanker sel skuamosa dan melanoma maligna juga biasa tumbuh pada kulit leher dan kepala. Kebanyakan kasus ini tumbuh pada bagian bibir bawah dan telinga namun tidak terlalu berbahaya.
Setiap tahi lalat yang ukuran dan warnanya berubah atau menyebabkan pendarahan maka harus segera diperiksakan. Bintik berwarna hitam atau biru-hitam diwajah atau leher, terutama jika bentuk atau ukuranya berubah-ubah maka anda harus segera memeriksakan keadaan tersebut.
f. Sakit telinga yang menetap
nyeri saat anda menelan dan selalu menetap didalam atau sekitar telinga, bias merupakan pertanda dari infeksi tumor didalam tenggorokan. Ini adalah merupakan sebuah masalah yang serius terutama jika disertai dengan kesulitan menelan, suara serak atau benjolan di leher.

Pengobatan Kanker Pada Leher Dan Kepala

Pengobatan dari kanker ini adalah tergantung dari stadium kanker yang dialami.
Untuk kanker stadium lanjut, prognosis yang lebih baik diperoleh jika dilakukan pembedahan dan penyinaran.
Menurut salah satu jurnal rumah sakit darmais, menyatakan bahwa belum diketahui apakah kombinasi dari kemoterapi dengan pembedahan dan penyinaran bias memperbaiki angka kesembuhan namun yang pasti terapi kombinasi bias memperpanjang masa tunda. Perlu diingat bahwa pengobatan penyakit ini selalu menyebabkan efek samping, misalnya kemoterapi dapat menyebabkan sipasien mengalami muntah dan mual, kerontokan rambut yang bersifat sementara dan peradangan pada selaput lambung dan usus.
Menurut salah satu jurnal singapura menyatakan bahwa kanker leher dan kepala bila dilakukan dengan terapi radiasi bermodulasi intensitas (intensity Modulated radiation-IMRT) merukan metode yang utama sebab dengan metode ini tanpa mengakibatkan efek samping pada pasien karena technology ini sangat canggih dimana radiasi untuk menghancurkan sel kanker dengan mengunakan radiasi sinar X yang dikendalikan oleh computer. Dimana metode ini hanya membunuh atau memusnahkan sel-sel mati tanpa merusak sel-sel hidup (sehat).
Umumnya penyakit ini belum menyebar maka 65% sipasien masi bias bertahan selama lima tahun sedangkan jika kanker ini telah menyebar ke kelenjar getah bening maka angka harapan hidup tinggal 30% yang bias bertahaan selama lima tahun. Dan juga penderita yang berusia lebih dari 70 tahun memiliki angka harapan hidup (bebas penyakit) yang lebih panjang dibandingkan dengan penderita yang masih mudah.
75% penderita atau pasien mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dengan kanker yang sudah bertahap tinggi sehingga kemungkinan untuk sembuh pun jauh lebih rendah. Penyebabnya adalah tanda-tanda awal kanker ini seringkali diabaikan atau karena kurang diketahui. Untuk itu, lakukan upaya pencegahan dengan pendeteksian dini sebelum kanker leher dan kepala berlanjut ke tahap yang lebih serius.

53 comments:

  1. HUaaaaaaaa....postingannya bikin merinding......secara gw pan perokok.........atutttt.......mo nutupin muka dulu pake bantal bentar ya

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak info menarik di blog sini... trims infonya :)

    ReplyDelete
  3. waah... mengerikan dan menakutkan juga kanker ini,
    gimana mencegahnya dan apakah ada hubungannya dengan gen keturunan mas?...

    ReplyDelete
  4. duh, padahal saya termasuk orang yang masih sulit utk menghentikan kebiasaan merokok, mas kato. makasih banget nih postingannya, setidaknya saya kembali teringat utk mulai berhenti jadi tukang "ahli hisap".

    ReplyDelete
  5. Kalo perokok pasif gmn om?
    Saya kan perokok pasif..
    Katanya kan perokok pasif lebih banyak menghirup asap rokok ada pada yg merokok sendiri..
    Oiya om, ada award buat om, silahkan ambil diblogku..

    ReplyDelete
  6. Duh bagus dan penting sekali informasinya wan ..makasih wan

    ReplyDelete
  7. Subhanallah..
    Saya jadi merinding
    Makasih infonya, paling tidak mengingatkan lagi agar menjalani pola hidup sehat.

    Salam silaturahim. ^_^

    ReplyDelete
  8. huaaa, dari kemairn postingannya about penyakit trus neh,,
    kudu hati-hati ama pola hiduoku yang sekrang, smua orang bisa berikso kena loh,, huhuhuh

    ReplyDelete
  9. Makin banyak saja jenis kankernya ya. Makasih sharingnya...

    Untuk tulang keropos, silahkan mas kalau mau dijadikan referensi, untuk penyebaran informasi ke blogger lainnya

    ReplyDelete
  10. wah menyeramkan, harus periksa ke dokter sebelum cepat-cepat

    ReplyDelete
  11. ini blog mengenai kesehatan yah ?
    .
    bagus nih sebagai rujukan dalam kesehatan

    ReplyDelete
  12. wah, thanks bro atas infonya, sekarang saya dah tau gejalanya dan bisa sekalian mengatasinya :)

    ReplyDelete
  13. wah.. sayah duduk depan komputer sekitar 10 jam perhari, kira2 bikin kangker ga ya?
    saya juga perokok berat :(

    ReplyDelete
  14. hmmh.... serem banget sih
    bang kasih juga dong saran2 utk pencegahannya
    bunda jadi takut nih
    salam hangat
    bunda

    ReplyDelete
  15. duh..semoga penyakit ini tak mampir ke tubuhku... :-(

    ReplyDelete
  16. wih,,,, ngeri yah mas....

    makasih infonya mas ^_^

    ReplyDelete
  17. waaa ternyata kebersihan mulut juga berpengaruh yah, bisa berakibat timbulnya kanker, seyem ih

    ReplyDelete
  18. syerem, ane perokok nih. ga tau dah tar tua punya penyakit apa aja.

    ReplyDelete
  19. Semoga dijauhkan deh.... Amin..20x

    ReplyDelete
  20. doh! gimana ini udah kalo baca postingan di sini, ada dua perasaan, 1 dapet pengetahuan dan informasi 2 pingin pingsan kalo dah tau penyebab2nya, semoga aku gak apa apa. amin

    ReplyDelete
  21. info manstab pak...
    kalo penyakit gondok eda lagi kan?

    ReplyDelete
  22. aduhhh...ko serem sekali si penyakitnya...mudah-mudahan casualcutie ga kena penyakit kankr leher & kepala...

    ReplyDelete
  23. ehm..baru tahu dan faham nih gw. txs infonya bro..

    ReplyDelete
  24. Waduh menakutkan juga ya....lebih dari mengerikan...nampaknya menjaga kesehatan itu jauh lebih baik dan murah meriah. Kalo sudah sakit bisa habis semua....

    Banyak informasi kesehatan cukup menarik nih.

    ReplyDelete
  25. wahh mengerikan yah..musah2 jangan sampai kena yahh

    ReplyDelete
  26. bang iwan ini dokter ya?
    bahas masalah kesehatan selalu :)
    serem juga yah kanker... :(

    ps: terima kasih dah diingetin, sampe lupa punya sahabat di kota bengke. :)

    ReplyDelete
  27. wah saya pendatang baru. dan baru dapet info yang seperti ini ...sangat bermanfaat. terima kasih

    ReplyDelete
  28. nice info.. kalo gitu jangan minum alkohol biar sehat :)

    ReplyDelete
  29. yuk kita jaga kebersihan sama-sama :D

    ReplyDelete
  30. waduh...malah jadi takut...

    masnya dokter yah??
    ato emang kerja dibidang kesehatan? ngerti bnget gitu...

    ReplyDelete
  31. hhiiii... ngeri bnget...

    tetep hidup sehat aja deh dan tidak lupa berdoa :)

    ReplyDelete
  32. ni postingan harus ta kopas, di print, ta kasih bojoku sama bapakku... biar pada brenti ngrokok..
    *walopun biasanya ga mempan juga* :(

    thanks ya mas..

    ReplyDelete
  33. hi.. aku mau nanya kapan bikin blog akibat dari pengaruh alkhol ni.. hub aku ya jika sdh ada. ok bro.. articelnya bagus.!

    ReplyDelete
  34. wah, postingannya mengerikan hehe...
    tapi bagus buat peringatan utk kita2. thx bro

    ReplyDelete
  35. untung untung uda berenti rokok...

    ReplyDelete
  36. hoh? ada ya? serem banget euy... hiiiii jaman sekarang macem2 ya penyakitnya...

    ReplyDelete
  37. Waduh, ini kanker makin hari makin banyak aja jenisnya. perasaan dulu waktu zaman nenek-nenek aku ga ada penyakit kek ginian. jadi ngeri, ikss....

    ReplyDelete
  38. Semakin dikaji semakin takut ngapa-ngapain.
    Hehehe... hidup seimbang aja kali ya...

    ReplyDelete
  39. Wah mas, kok menakutkan gitu sih??
    taapi bagus lho postingannya
    kita jadi tahu
    Jadi bisa dilakukan upaya pencegahan

    Mas ditambahin tentang upaya pencegahannya donk

    ReplyDelete
  40. semoga diriku ngak menderita(hehehehe kan laki0

    ReplyDelete
  41. wah, aku malah sering sakit kepala sebelah neh, karna penyakit mata yg silindris :(

    ReplyDelete
  42. gak ush tkut,smua itu bisa diatasi dgn minum buah merah dr papua

    ReplyDelete
  43. hmm..saya juga perokok...agak takut juga nih...
    syukur mengkonsumsi alkohol sudah tidak lagi..

    ReplyDelete
  44. ini dia yang saya cari. makasih pak. informasi ini disadur dari mana ya?

    ReplyDelete
  45. Mulai banyak nih penyakit yang satu ini.. saya termasuk salah satunya...

    ReplyDelete
  46. wah serem kalo kanker... semoga dijauhkan dari segala macam penyakit

    ReplyDelete
  47. duch saya salah satuy koebanny nich...
    hrs gmna y...????

    kira2 klow mau operasi abis biaya brp y...???

    ReplyDelete
  48. Saya ada benjolan nih di leher bagian belakang..tapi tidak nyeri..
    saya bukan perokok dan jarang minum alkohol...
    kira2 saya harus periksa gak ya? dan kalau periksa di mana dan bagian apa?

    Thx

    ReplyDelete
  49. satu bulan ini leherku ada benjolan,moga moga ini bukan kanker leher yang dimaksud diatas,tapi aku juga kuatir,apa kanker ya

    ReplyDelete
  50. w bukan perokok&gak pernah sama sekali nyentuh ama yang nama nya alkohol,tapi knyataan nya skrang w malah kena pnyakit beginian.

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS