Mengenal Penyakit Sirosis Hati.

Hati adalah organ tubuh yang sangat penting karena makanan dan minuman yang anda konsumsi semuanya akan melewati hati dalam proses pencernaan, Dimana hati yang bertugas sebagai penyaring racun-racun agar tidak merusak tubuh. Didalam hati pula proses metabolisme protein, karbohidrat, lemak dan vitamin berlangsung sehingga jika jika fungsinya terganggu maka anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi…???

Beberapa penyebab orang mengalami penyakit sirosis pada hatinya yaitu akibat serangan hepatitis B dan C (penyebab yang paling banyak ditemukan), makanan yang mengandung aflatoksin yang terdapat pada tempe boso atau oncom dan daun-daun yang banyak dikonsumsi oleh bangsa afrika (jika dalam ambang batas aflatoksinaman dikonsumsi), fatty level atau perlemakan pada hati (jika tak ditangani dengan segera maka akan menyebabkan kanker hati) akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak,berminyak yang mengandung trigliserida yang tinggi.

Umumnya penderita sirosis ringan tidak menampakan gejala namun ini akan terlihat sehat selama beberapa tahun. Sementara penderita yang sudah akut akan mengalami penurunan nafsu makan, penurunan berat badan dan merasa sakit, sering mengeluh karena rasa capek saat melakukan aktifitas, mata berwarna kuning dan buang air kecil berwarna gelap atau hitam, pembesaran perut dan kaki bengkak, terjadi varises pada pembuluh darah vena sehingga dapat mengalami perdarahan saluran pencernaan bagian atas.

Ada beberapa stadium pada penyakit sirosis hati. Dimana pada stadium awal atau satu cairan dalam rongga perut belum terlalu terlihat. Ini disebabkan karena penurunan kadar albumin sehingga cairan albumin didalam perut tidak bisa keluar dari tubuh. Cairan ini akan meningkat karena gagalnya fungsi hati sehingga sipasien akan mulai merasakan lemah. Selanjutnya pada kasus stadium duaakan mulai terjadi pembengkakan kaki, tubuh akan sering terasa lemah meskipun aktifitas yang dilakukan sedikit dan perut sudah nampak membesar. Pada kauss stadium tiga gejalanya akan tampak perut akan semakin membesar mirip ibu hamil memasuki bulan kedelapan dan perlahan-lahan hati mulai mengkerut. Sedangkan pada stadium empat perut dan kaki makin membengkak dan hati juga tambah berkerut sehingga pada kondisi ini pasien sudah mengalami penyakit hati yang parah dan susah sekali untuk diobati.

Dari beberapa contoh kasus yang terjadi banyak sekali pasien yang terlambat mengobati penyakit ini, biasanya mereka baru mendatangi dokter (rumah sakit) setelah mengalami kondisi yang parah yakni disaat perut sudah membesar mirip orang hamil delapan bulan atau sudah memasuki stadium tiga.
Jika pasien yang menderita sirosis hati melakukan pemeriksaan dini jika meresakan gejala maka sirosis dapat terdeteksi lebih dini sehingga pengobatan dapat dilakukan sebab kondisi hati yang terserang virus ini membutuhkan waktu 20 tahun untuk menjadi sirosis.
Untuk itu jika ada gejala awal sirosis misalnya lemah, mual hingga muntah sebaiknya disarankan segera melakukan pemeriksaan apalagi jika sipenderita sudah kencing mirip air the pekat. Ini dimaksudkan agar sipasien tadi mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat.
Jika sipasien sudah ada cairan yang terdapat cairan didalam perutnya sebaiknya sipasien mengurangi mengkonsumsi garam dan lemak. Sebab hati sudah tak bekerja normal yang mana tak mampu lagi memprosesnya. Dan juga disarankan untuk sipasien tadi tidak melakukan pekerjaan yang berat seperti mengangkat barang-barang yang berat. (Sumber : Harian Fajar, Makassar).

70 comments:

  1. Duhhh ngeri beneran mas kalo bicara soal penyakit...apalagi hepatitis C yang katanya lum ada obatnya......duu merinding....
    kalo bisa posting sekalian mas ama pencegahannya..biar kalo pas iseng gitu sekalian dibaca baca kan nambah ilmu hehehe

    ReplyDelete
  2. wedeee! suerem juga yak?
    btw, uraian di atas gak menjelaskan arti sirosis itu sendiri sepertinya.
    nah yang jadi pertanyaan sirosis itu apa yak?

    ReplyDelete
  3. waaa serem juga yah kalo pas gak ketauan gitu gejalanya hiks baru denger ni soal sirosis hati

    ReplyDelete
  4. “hi mas pakabar? Saya baru publish postingan baru nih dan saya perlu komentar Anda baik saran maupun kritikan, komentar Anda sangat berarti buat blog saya!”
    Hi bro mau ga tuker link sama aku !?
    Kunjungi blog ku yach http://kelincex.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. terimakasih dokter... saya akan lebih hati hati deh makan sesuatu...

    ReplyDelete
  6. pas baca... ke pantat dah ser ser gitu... semoga ndak mengidap deh diriku

    ReplyDelete
  7. tanya
    hepatitis itu bisa sembuh ngak ya?

    ReplyDelete
  8. Wah sangat mengerikan penyakitnya. Semoga tidak terjadi di daerahku.

    ReplyDelete
  9. Setahu saya penyakit kanker itu tidak teridentifikasi kecuali udah menyebar miliaran sel di dalam tubuh kita. Dan masalahnya kita baru tahu kalau sudah stadium II ke atas.

    Saya lebih suka pengobatan cara herbal untuk kasus seperti ini.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih sharing infonya...

    ReplyDelete
  11. Kalau baca2 yang beginian aku kadang jadi takut dan kesanya serem gityu :D

    Tapi dengan info seperti ini kita jadi lebih hati2 dan jadi pengin selalu dan selalu menjaga kesehatan kita :)

    Makasich ulasanya..

    Salam :)

    ReplyDelete
  12. harus hati2 dalam memilih makanan nich..

    makasih buat infonya..

    ReplyDelete
  13. Bacanya aja kok ya jd ngeri ya mas..
    Hehe

    ReplyDelete
  14. Sory bro saya belum mengerti sirosis apa artinya dan kalau obatnya gatal2 apa dong

    ReplyDelete
  15. minta obat sakit hati dung?!

    numpang jadi followersnya ye.. :)

    ReplyDelete
  16. Ngeri oy..Tapi makasih infonya, jadi tambah sayang dg tubuh sendiri nih.

    ReplyDelete
  17. sama dengan hepatitis yah???

    ReplyDelete
  18. Wah aku sering lemes dan mual hm tapi kencing biasa, ah gak berani menebak2 periksa aja ntar

    ReplyDelete
  19. gw ga tau harus komen apa. salut. postingan lo selalu bisa berguna untuk orang lain. kalo nyokap gw yg bidan baca tulisan lo, wah dia bisa" ngangkat lo jadi anak dan ngusir gw. tulisan gw lebih sering menyesatkan orang.

    ReplyDelete
  20. duh, jadi lebih menghargai hati

    kalo makanan yang baik buat hati kita apa, mas?

    ReplyDelete
  21. ih, serem banget ciri2 akutnya,
    mirip hepatitis,
    apa emang ini istilah lain hepatitis?

    ReplyDelete
  22. aduuuuuhhh ngeriiii ya.. brrrr

    ReplyDelete
  23. makasih infonya ya, mengetahui gejala dini kita jadi bisa lebih berhati-hati untuk mengindikasikan gejala awal..

    ReplyDelete
  24. waduh, komenya banyak tapi kok masi pake moderasi sih mas Iwan..

    ReplyDelete
  25. jadi ikutan merinding baca tentang sirosis hati..

    ReplyDelete
  26. hiii..untung casualcutie ga suka oncom...

    ReplyDelete
  27. terima kasih infonya bang.. jadi lebih tahu banyak tentang arti pentingnya kesehatan....

    ReplyDelete
  28. info2 kesehatannya mantap banget... thanks ya..?

    ReplyDelete
  29. ini sangat mematikan kan, wadoh sudah banayk korbannya, yang masih sehat dan selamat itu sibos Jawa Pos ya...

    ReplyDelete
  30. disini ada buka praktek online ya pak dokter.. hehe

    ReplyDelete
  31. Masyarakat disini sering nggak percaya dengan ilmu kedokteran, maklumlah mas masyarakat disini memang kurang memahami informasi mengenai jenis-jenis penyakit dan penanganannya.
    Umumnya jika ada yang kena penyakit dan perutnya sampai bengkak kayak hamil 8 bulan gitu malah diidentikkan dengan dukun, sihir dan ilmu hitam...
    Hehe...aneh banget kan???
    Hari gini masih percaya gitu-gituan...
    Tukeran link yuk mas, punya mas udah aku pasang nih agar lebih mudah buat blogwalking???

    ReplyDelete
  32. seef lah. Info kesehatan terus nih mas iwan hehe.

    wah jangan2 dokter ya ?
    bisa bantu saya mas ? untuk mencarikan obat susah tidur ?

    ReplyDelete
  33. trus, trus,

    kalo obat2an yg alami utk mencegah en ngobatinnya ada ga ya?

    ReplyDelete
  34. Akhirnya saya bisa banyak belajar dari blog kesehatan, makasih yaa...

    ReplyDelete
  35. sya pernah melihat seseorang yang sirosisnya kambuh
    kasihan sekali

    ReplyDelete
  36. Hello, how are you?
    You can download stylish winamp skin in our website for free!

    ReplyDelete
  37. Jadi bertambah nih wawasan saya akan penyakit ini. Gak bisa komen banyak deh selain ucapan terima kasih atas artikel bermanfaatnya.

    ReplyDelete
  38. nambah ilmu nih, manteb. good blog, sob

    ReplyDelete
  39. thank's atas pencerahannya.. :D
    salam sehat 4ever (hayah..;) )

    ReplyDelete
  40. huh.. penyakit emang gak ada matinya.. merinding gw bacanya..

    ReplyDelete
  41. memang yang namanya penyakit hati adalah penyakit yg mengerikan
    tp mungkin yg tak kalah mengerikan lagi adalah penyakit "hati"!
    Makanya kita harus berhati-hati dengan hati dan "hati".

    ReplyDelete
  42. mantab infonya..
    jadi tau deh..

    ReplyDelete
  43. Postingan di sini penyakitnya selalu serem2.
    Ngeri,,,

    tapi sebenernya bagus sie, biar suatu saat klo kejadian bisa tau caranya

    ReplyDelete
  44. padahal kalo sakit hati itu obatnya susah juga yap

    ReplyDelete
  45. heeee...kakek casualcutie 3 bulan lalu meninggal karena sakit kanker hati. kanker hati sama sirosis hati beda ya mas iwan?

    ReplyDelete
  46. idiiiiiiiih ak takuuut deh tiap kesini..serem2..tp ya mo gmn lg mang hrs waspada ya

    ReplyDelete
  47. malam om..maap lagi bisa berkunjng....

    ReplyDelete
  48. mas iwan...selamat malam...

    mas iwan, blog pak sawali kena hack ya??? barusan casual cutie buka yg muncul spt ini : HACKED BY SXLETON - WARRIOR. hiksss....semoga cepat diperbaiki ya..

    ReplyDelete
  49. waduwww..penyakit ginian,,,,menakutkan,,sebenernya penyakit apa aja nakutin seh...tinggal kitanya aja,pinter2 jaga kesehatan and berdoa biar slalu sehat...

    ReplyDelete
  50. wah, serem ya penyakit ini. makanya jgn suka makan hati..lho, gak nyambung ya

    ReplyDelete
  51. ow baru tauhu kalau ada penyakit semacam itu aku om

    ReplyDelete
  52. Maksih infonya, sangat bermanfaat.
    Buat referensi saya nih

    Pondokku

    ReplyDelete
  53. bang iwan lg sibuk bgt ya...tumben blm update

    ReplyDelete
  54. Postingan mantap, aku prihatin keluargaku ada yang sdg dalam pengobatan.
    Trim infonya.

    ReplyDelete
  55. mas... kalo kita workaholic ngefek juga ga sih ke sirosis hati.

    Soale aku baca buku ganti hatinya DAHLAN ISKAN (CEO JAWA POS), gara2 kerja ngga kenal waktu juga.

    Bales ke email juga ya!

    ReplyDelete
  56. siang ini kabarnya baik sekali. wah ngeriiii juga penyakin ini.

    ReplyDelete
  57. bang Iwan, sirosis itu apa termasuk dalam kategori kanker ya?

    maaf bbrp hari ga OL, karena orangtua di kampung sakit...
    salam

    ReplyDelete
  58. wah jangan2 tmn sekantor gejala sirosis jg yah?

    ReplyDelete
  59. serem penyakitnya
    moga2 gag trkena deh

    ReplyDelete
  60. iiih menakutkan selaki, eeeeh menakutkan sekali penyakit itu... kabuuuuuuuuuuuuuuur

    ReplyDelete
  61. wow, ada dokter toh disini
    semakin ngerti macam2 penyakit, membuatku semakin parno dengan semua makanan, hiks....(emang ada hubungannya ya???)
    Boleh minta resep untuk obatnya sakit hati gak bos ??? (he he he...)

    ReplyDelete
  62. Komeng saya kok hilang ya sob he..he.. iya nih belum sempet posting lagi.

    ReplyDelete
  63. mas,,
    tmen saya ada yang kena penyakit ini..
    suka kambuh klo kna dingin atau lagi stress
    emang bner2 ga bisa sembuh total ya?

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS