Tanaman Herbal : Tapak Dara dan Sambung Nyawa Sebagai Obat Knker

tanaman tapak dara dan sabung nyawa dapat digunakan sebagai tanaman obat untuk mencegah dan membasmi kanker. postingan ini aku buat untuk menjawab pertanyaan salah satu pengunjung sebelumnya yang menanyakan apakah ada tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit kanker.

Tapak Dara
Tanaman tapak dara yang dikenal dengan nama latin Cathranthus roseus merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan India namun sumber lain juga menyatakan bahwa tanaman ini berasal dari mandagaskar. Tanaman ini merupakan tanaman semak yang hidup menahun dan umumnya tanaman ini lebih dikenal dengan bunga yang berwarna putih dan ungu namun kini persilangan keduannya menghasilkan beragam spesies. karena tanaman ini yang dilihat nampak rimbun dengan bunga bermekaran sepanjang tahun maka tanaan ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias didepan rumah.
Tanaman tapak dara ini sudah dikenal lama oleh masyarakat luas sebagai tanaman herbal untuk mengobati kanker. Hamper semua bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat. Daunnya mengandung senyawa alkaloid yaitu vinkristin dan vinblastin yang bersifat antireocristine yang apuh melawan sel kanker. Sedangkan bagian tanaman lain seperti bunga, buah, dan batang mengandung Alkoloida catharantine yang dikenal sebagai anti kanker. Alkoloida catharantine mengandung zat yang sama dengan plasma sel kanker jika dikonsumsi sel kanker dala tubuh akan menyerapnya dan hasilnya inti sel kanker akan terdesak dan menghilang, sehingga tanaman ini bermanfaat untuk digunakan sebagai pencegah dan pembasmi sel kaker.
Adapun khasiat lain dari tanaman ini selain untuk penyakit kanker yaitu menjinakan leukemia, mengobati pembengkakan limpa, mencegah kanker payudara dan menjinakan tumor ganas sebab tanaman ini mengandung zat aditif umblastine dan vincristine yang mana zat ini dapat menyembuhkan atau mencegah penyakit tersebut.

Sambung Nyawa
Tanaman ini dikenal dengan istilah atau nama latinnya adala Gynura procumbens atau dikenal juga dengan nama daun dewa. Tanaman ini merupakan tanaman semak semusim yang tingginya mencapai 20 hingga 60 cm dengan daun paling banyak digunakan sebagai tanaman obat yang dapat mengobati berbagai penyakit, dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Diantaranya untuk menurunkan panas, meredam rasa sakit misalnya sakit gigi, mengatasi batu ginjal, radang mata, rematik sendi, perdarahan kandungan, kencing manis atau diabetes mellitus, darah tinggi atau hipertensi, kista, tumor dan kanker.
Tanaman ini mengandung sejumlah senyawa kimia diantaranya senyawa alkaloid, flavanoid, saponin, tannin, dan steroid dan juga mengandung senyawa asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam parakumarat dan asam phidroksibenzoat.
Dari beberapa hasil penelitian dilaporkan bahwa tanaman ini mampu mencegah pertumbuhan tumor pada mencit karena mengandung senyawa benzopirena yang mana senyawa ini bersifat korsinogen (kanker) sehingga terbukti dengan pemberian daun ekstrat tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan kanker

46 comments:

  1. gambarnya nggak ada ya? kalau kunir putih katanya juga begitu?

    ReplyDelete
  2. MANTAP infonya boss

    tapi saya ga' tahu yang mana tanamannya

    habisnya ga' ada gambarnya dann saya banyak tahu tanaman hanya gambarnya saja, namanya kadang tidak tahu

    dan juga kadang tiap daerah berbeda nama

    ReplyDelete
  3. klo buat ambien apa yah obat nya.. hohohoho

    ReplyDelete
  4. Wah sayangnya aku gak tahu kedua jenis tanaman itu rupanya seperti apa belum pernah lihat

    ReplyDelete
  5. jalan-jalan ke kota Jenewa
    perginya naek helikopter
    tapak dara dan sambung nyawa
    berkhasiat hambat kanker

    ReplyDelete
  6. Tapak dara, saya sering dengar namanya tapi belum pernah melihat pohonnya

    ReplyDelete
  7. Info yang sangat bermanfaat..
    TFS kawan :)

    ReplyDelete
  8. iya setuju ma pak BIG SUGENG gambarnya sob... untuk ulasan selalu dapet blogmark

    ReplyDelete
  9. kaya apa sih bentuknya...penasaran, kasi gambarnya dong mas Iwan..thanks sharing nya ya..

    ReplyDelete
  10. iya yaah, kalo ada fotonya bisa lebih ngerti tanamannya kayak apa...trus daun ato bunganya tu diapain untuk pengobatannya? thanks yaah infonyaa..

    ReplyDelete
  11. Tapak dara aku udah pernah liat, klo sambung nyawa yg kaya gmn ya...?

    ReplyDelete
  12. kok semak2 semua pohonnya???
    iya tuh lebih keren kalo ada gambarnya, trus kalo di Indonesia belinya di mana?

    ReplyDelete
  13. wah mantapppp, mas bener kata temen2 diatas, kalau ada gambarnya pasti lebih asyik. biar kita gampang nyarinya gituh lho ...

    ReplyDelete
  14. dapet or belinya dimana yah?? aku perlu... :((

    ReplyDelete
  15. bang...tanamannya spt opo? aku kan ndak tau...
    trus belinya dimana?

    ReplyDelete
  16. Gambarnya dong bang, siap tau ketemu di jalan...

    ReplyDelete
  17. ini bagus nih utk alternatif penyembuhan.yang jelas ini alami dan mudah-mudahan ngga ada efek samping

    ReplyDelete
  18. Wah sangat bermanfaat informasinya.

    ReplyDelete
  19. tips2 kesehatannya makin OK bro... sukses ya..?

    ReplyDelete
  20. nice info bro..

    kurang satu yaitu gmbarnya..
    byar taw kayak gmn tanamannya boz..

    ReplyDelete
  21. nama tanamannya seperti nama jurus kungfu yah....

    ReplyDelete
  22. Hidupp Inodesiaku...negaranya subur dan makmur.....berhiaskan kolam susu...
    Be ret bek...mo ngerap dulu sambil ngepel!!!

    ReplyDelete
  23. selamat tinggal temanku… sampai jumpa setelah UAN selesai…
    keep blogging!

    ReplyDelete
  24. Hahaha..mba Linda belinya di toko onderdil....(mewakili si katobengkel....kwekekeke)
    Indonesia tanahnya subur dan makmur....bertepikan kolam susu.....(be ret bek..ngerap dulu sambil nyapu..)

    ReplyDelete
  25. Kalau ada fotonya akan jauh lebih mantap, sekalian pingin tahu kayak apa rupanya. sambung nyawa itu? Kayaknya saya punya.

    ReplyDelete
  26. terbukti ampuh basmi kanker gak yah
    :)

    ReplyDelete
  27. Iya, nih.. bentuk tanamannya spt apa.
    Dan apa dijual bebas di tukang bungA?

    ReplyDelete
  28. Mang blog pyur tips sehat, bro. Kaya info yang dibutuhkan, thanks

    ReplyDelete
  29. informasi tapak dara nya oke tuh. tp aq gak tau seperti apa bentuk tanamannya. tolong dong ditampilin gmbar nya :)

    ReplyDelete
  30. bentuk tanamannya kayak apa...

    ReplyDelete
  31. sudah saatnya bahkan harusnya dari dulu kita back to nature ya mas.. nice posting ang good idea..sip

    ReplyDelete
  32. wah hebat mas ini dia resep tradisional yg sebenarnya sangat manjur tetapi sudah tidak digunakan lagi oleh masyarakat kita..... sukses selalu

    ReplyDelete
  33. namanya itu lho, spektakuler banget
    tapak dara = tapaknya anak gadis
    sambung nyawa = oxygen, transfusi darah
    hhmmm, klo bisa diolah secara maksimal, pati bermanfaat banget buat penyembuhan2 penyakit
    nice info, thanks 4 sharing brooooww

    ReplyDelete
  34. Kalo cari buat di tanam di mana ya?? :D

    ReplyDelete
  35. Memang sudah terkenal sejak dulu.
    Begitu juga dengan mahkota dewa, bawang dayak dan sisik naga.

    ReplyDelete
  36. manthabh sekali postingannya. bisa kasih gambar nggak? biar bisa lihat langsung wujudnya seperti apa..

    ReplyDelete
  37. infonya bagus,
    kbetulan aku rada parno sama ni penyakit,
    hiiy..
    serem sih. denger namanya aja serem.

    ReplyDelete
  38. engk da fotonya biar lebih jelas g tu?....

    ReplyDelete
  39. Artikelnya MANTAP kawan, ini ada award untuk kamu, ambil ya?
    Kutunggu di ruanganku

    ReplyDelete
  40. Artikelnya MANTAP kawan, ini ada award untuk kamu, ambil ya?
    Kutunggu di ruanganku

    ReplyDelete
  41. bunda juga rajin mengkonsumsi daun sambung nyawa tuh, hampir tiap hari (cukup 3 pucuk saja), sebagai suplemen kesehatan. tapi kalau tapak dara..ngga deh..baunya ga enak.
    kedua tanaman itu jadi koleksi bunda, karena di rumah memang bikin TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
    maaf lama gak mampir di sini ya Bang Iwan...smoga ga marah...korang banyak sibuk juga di darat mi

    ReplyDelete
  42. nice information my friend, keep do it and thanks for that

    ReplyDelete
  43. mas, tanaman dara seperti apa sih? kalau bisa dikasih gambarnya, biar orang seperti saya tau :) hehe

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS