Mencari Solusi Untuk Mengatasi Insomnia

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.
Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya atau lebih. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 - 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Disini Aku mau bertanya kepada anda, apakah anda pernah mengalami Insomnia atau susah tidur. Jika ya tolong jelaskan alasan mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara anda mengatasinya. dan jika tidak apa yang biasa anda lakukan untuk terhindar dari penyakit ini.

Jika semua alasan telah terkumpul maka saya akan menyimpulkan apa-apa saja dan bagaimana cara untuk mengatasi Insomnia, agar teman-teman kita yang lainnya bisa mengatasinya dengan mengikuti saran-saran dari anda semua.

semoga anda mau memberikan jawabanya.

97 comments:

  1. Sebaiknya saat tidur malam, cahaya di kamar dikurangi. Bisa dimatikan namun cahaya lampu di samping kamar masih ada yg masuk, atau memakiai lampu tidur.

    Cara lain dengan meminum segelas susu sebelum tidur.

    Bisa juga dengan melakukan meditasi dzikir sebelum tidur, sehingga syaraf syaraf menjadi rileks

    ReplyDelete
  2. saya tidur 4 jam sehari.
    Jika susah tidur saya gunakan untuk membaca sampai mata pedas lama-lama ngantuk sendiri.

    ReplyDelete
  3. aduh, saya termasuk orang yang kena insomnia nih, tidur pagi terus, jadinya kebiasaan kali ya ...

    wah apa yang harus diriku lakukan ???

    ReplyDelete
  4. mandi dengan jam teratur akan mempermudah mengatasi ini, dan sebaiknya jika memang sudah mengantuk ya istirahatkan tubuh ini sesegera mungkin, karena telat dikit alamat gak tidur-tidur...

    ReplyDelete
  5. saya kurang tidur kebanyakan blogging

    ReplyDelete
  6. Insomnia?.
    Kalau saya obatnya gampang, tinggal nyamperin istri, beres...

    ReplyDelete
  7. makanya biasakan ikutan "sport malem", kek main badminton, pimpong dll, abis tuh, jamin deh cepet tidur

    ReplyDelete
  8. Aku jarang sekali susah tidur yang ada malah sebaliknya, gampang sekali untuk tidur.. ;)

    ReplyDelete
  9. Cara saya mengatasinya, membaca buku langsung deh ketiduran

    ReplyDelete
  10. Aku ngak pernah punya masalah dengan tidur Jonk... jadi susah juga mau share apa ya ?.
    Yang jelas untuk waktu tidur ini , aku punya disiplin yang tinggi sedari dulu.
    Aku selalu tidur malam paling lambat jam 23.00

    ReplyDelete
  11. salah satu alasan knapa kita susah tidur adalah
    "kita ingin tau, seperti apa persisnya saat saat kita mulai masuk alam mimpi"

    itu alasan utama biasanya gw gak bisa tidur. kalau gak percaya, cobain aja ;D wkwk

    ReplyDelete
  12. dalam saat tertentu saya jadi orang yang susah tidur ketika banyak aktifitas yang menumpuk dan membosankan
    dulu poernah juga sampai berbulan bulan sangat susah tidur mas
    saya kemudian mencari tempat sarana untuk fitnes akhirnya olahraga saya teratur dan tisur jadi nyenyak mas

    ReplyDelete
  13. Insomnia?...kadang...anemia?...sering...pneumonia?...jangan deeee......Bulimia...istrinya Palimia bukan?....kwekekeke...kaburrrrrrrr

    ReplyDelete
  14. asli, aku termasuk yang kurang tidur, solusiku gini, gunakan waktu istirahat dari apapun untuk tidur, jangan direpotkan oleh waktu tidur, saat kerja ada waktu istirahat, tidur..hehe aku memang kurang tidur, tetapi tiap aku niatkan akan tidur, gak sampai 10menit sudah lelap

    ReplyDelete
  15. lho kok komentarnya nggak muncul yang pertama mas

    ReplyDelete
  16. saya musti tidur dalam gelap baru bisa lelap. kalo tidur dalam keadaan terang malah aku ngga bisa nyenyak tidurnya kecuali kalo benar2 kelelahan.

    ReplyDelete
  17. daku termasuk salah satu orang yang susah tidur.hmm cara mengatasi nya ya,kalo daku sih paling cuma duduk diem ajah sambil menikmati suasana malam yang hening, paling ga smp 20 menit daku dah mulai ngantuk.coba ajah,sapa tau bisa berhasil.

    ReplyDelete
  18. saya termasuk orang yang tidurnya dibawah 8 jam.
    menurut saya tubuh mengetahui kebutuhannya sendiri untuk beristirahat. kalupun dipaksanakan tidur cepat, maka bangunnya juga akan lebih cepat. tapi jika diperlukan bantuan agar tertidur maka bisa dicoba dengan meredupkan cahaya lampu kamar tidur atau dicoba membaca dzikir, batin biasanya akan terasa tenang dan tertidur sendiri.

    ReplyDelete
  19. Buat saya, beban pekerjaan yang belum tuntas suka bikin Insomnia.

    Solusi saya, pertama dengan meredupkan cahaya, karena memang mata lebih rileks dengan cahaya redup dan sunnah Nbai malah mematikan lampu.

    Kedua, dengan membersihkan tubuh sebelum tidur, biasanya mandi air hangat dulu, supaya otot rileks, peredaran darah dan udara jugs lancar.

    Ketiga, setelah berbaring, banyak berdoa dan dzikir kepadaNya, insya Alloh, tokcer dech!!! :D

    ReplyDelete
  20. wah aq jg agak2 susah tdr siy....
    cm kl dipaksa ya tidur jg hehehehe...

    ReplyDelete
  21. saya pernah mengalami susah tidur tapi itu saat lagi bermasalah dengan pacar, pikiran jadi kacau tak menentu. tapi tak saya biarkan berlanjut, setiap menjelang tidur saya berusaha tidak memikirkan apa-apa, saya pusatkan pikiran pada satu titik ( HITAM/GELAP )hingga akhirnya tak sadar dan tertidur....

    ReplyDelete
  22. lho... susah tidur ya?

    Duluuuuuuuuu banget, saya justru insomnia, manakala udah tidur nyenyak2.. trus dibangunin deh ama x-hubby
    aarrrgghh, bukannya nggak Ridho.. tapi ya,,, otak saya udah kabur ke alam mimpi.. dan ga bisa kasi service sebaik2nya.. ehhehhe

    klo udah kek gni... saya mending baca buku.. ato nonton dvd.. sampe ketiduran... :D


    hemmmm
    jadi teringat dulu :-?

    eehhehheh

    ReplyDelete
  23. kalo aku susah bangun pagi nih...gimana solusinya??

    ReplyDelete
  24. wah..
    saya malah terlalu banyak tidur
    ada obatnya nggak

    ReplyDelete
  25. sampai sekarang saya masih mengalaminya.

    ReplyDelete
  26. biasanya kalau lagi mikirin kerjaan atau sedang merenung tentang kehidupan, ya gak bisa bobok mas..
    ya akhire begadang ampe pagi di depan kompie ini..

    ReplyDelete
  27. Wahh..saya Pernah tuhh...Sebagai alasan seringnya OL Tengah malem sampe Subuh...^_^

    Mungkin emank disebabkan oleh banyaknya pikiran yang membebani otak, jadi saya mengatasinya dengan berusaha sebisa mungkin mengurangi/memikirkan masalah2 yang sebenernya ga perlu dibikin susah...hehe...

    Oiya,salah satu tips standart yaitu membiasakan diri tidur cepet...

    Ditunggu hasil risetnya...hehe

    ReplyDelete
  28. jika kena insomnia kembalikan pola hidup sehat secara teratur

    ReplyDelete
  29. Penyakit saya malah kebalikannya Mas, gampang tidur...... Habis magrib bisa tidur




    (akhirnya saya berhasil komentar)

    ReplyDelete
  30. casual cutie sering mengalami imsonia dan sampe skrg blm tau gmn cara menghindarinya. gimana donk????

    ReplyDelete
  31. saya kurang tidur karena sering gentayangan malam buat ngeblog

    ReplyDelete
  32. insomnianya biasnaya kr banyak pikiran. itupun klo misalnya sedang ada ang dikerjakan, cara ut ngatasinya itu konsentrasi ut tidur. bilang pada diri sendiri ut tiodur, biasanya manjur. klo ga, ya minum obat tidur wkwkkw

    ReplyDelete
  33. gak tau gemana caranya, pokonya dbiarin gitu aja hehehe hbs tu ktiduran sendiri deh, cm besok paginya pasti jadi kuyu-kek zombie tampangnya:p
    oia kadang suka makan manisan pala, sering manjurnya tu

    ReplyDelete
  34. Justru saya mau tau solusinya,soalnya saya tergolong orang yg susah tidur.

    ReplyDelete
  35. gue kurang tidur gara2 ym,,hhahahaha,,

    ReplyDelete
  36. Iya, saya juga pernah mengalami susah tidur. Kalau saya untuk sementara waktu menggunakan bantuan obat tidur seperti Tylenol PM.Dengan obat itu saya gunakan untuk melatih badan saya tidur dan bangun secara teratur dan tepat pada waktu.

    ReplyDelete
  37. dulu waktu masih jadi PEJABAT (Pengangguran Jawa Barat), saya sering mengalami insomnia. Karena sering begadang, dan tidak ada kegiatan yang berarti pada siang hari, jadi deh baru bisa tidur jam 00.00 ke atas.

    Tapi sekarang alhamdulillah, nyenyak bobonya, apalagi dah ada istri di sampingku, khusyuk banget dah!

    ReplyDelete
  38. Insomnia...aku pernah ngalami tapi jarang sekali terjadi padaku.

    Kalau aku Insomnia terjadi kalau banyak pikiran, solusinya ya di tidurkan aja saja sambil cahya kamar diredupkan, pasti bisa tertidur.

    ReplyDelete
  39. q pernah mengalaminya tapi hal itu disebabkan adanya masalah pribadi...
    setelah q selesai in sih bisa tidur nyenyak laig hehehe...

    ReplyDelete
  40. insomnia?untung aku bkn insomnia, krn jam 10 pasti udh pingsan hehehe...
    mungkin hrs olahraga ya jd bs cpt tidurnya
    btw mas udh ambil award dariku blon ya?

    ReplyDelete
  41. Saya susah sekali tidur, pada saat uang persediaan di kantong mulai habis. Apa itu gejala insomnia juga Bang..?

    ReplyDelete
  42. aq mah termasuk orang pengidap insomnia,,
    bisa tidur malem ja paling cepet jm 12 malem
    emank aneh sich
    tapi mau gimna lagi
    udah kebiasaan sich

    ReplyDelete
  43. hoooo...ternyata lum komeng yak *tepuk jidat*

    klo etha sering insomnia..biasanya siy baca buku ampe ngantuk ^-^

    ReplyDelete
  44. klo aq dr s.m.p dah kebiasaan musti baca dlu sblm tidur dan bacanya musti lamaaa ampe mataku bener2 capek, so ini bs dsbut insomnia-kah?

    ReplyDelete
  45. jarang sih ampe susah tidur. soalnya, aku tipe pelor. nempel langsung molor. hi hi hi...

    ReplyDelete
  46. Insomnia kadang2 pada siapa saja yang mulai mengalami krisis setengah baya,seperti saya skrg gara2 browsing trus jd sering gk tdr he..he tp asyik punya byk teman

    ReplyDelete
  47. Waktu masih kerja dulu saya termasuk pengidap insomnia ini... Tpai sekarang setelah rajin berolah raga dan makan dengan pola teratur, sudah tak pernah lagi

    ReplyDelete
  48. bener.. gw jg insomnia.. tiap hari tidurnya subuh...
    apa gara2 dapet colongan hotspot gratis ya?! hehehehe

    ReplyDelete
  49. wah aku malah kebanyakan tidur...
    gimana cara mengatasinya ya?
    (*aku lupa menang ngga jermal di pusan

    ReplyDelete
  50. kwakakak..
    baguzz.. baguz.. baguzz!!

    keyen infonya wat daku yang hoby insomnia berat^^

    ReplyDelete
  51. Pada prinsipnya segalah penyakit yg Allah SWT turunkan di dunia ini disertai dengan obatnya. Dan yg lebih berkompeten utk menjawabnya secara ilmiah dari perspektif kesehatan adalah dokter dan yg berprofesi dibidang kesehatan lainnya. Adapun pendapat saya pribadi jika terkena insomnia adalah sbb :
    Pertama : Pejamkan mata anda, Senyum dengan tulus lalu tarik nafas panjang dan tahan diperut (Pernafasan diafragma) seraya mengucapkan : "Ya Tuhan, Aku bersyukur kepadaMU atas segala nikmat yg telah Engkau karuniakan seluas langit dan bumi sejak lahir Aku hingga saat ini". Fokuskan pikiran anda pada hal-hal yg pernah membuat anda sangat bahagia lalu hembuskan nafas anda secara perlahan-lahan.
    KEDUA : Ulangi lagi : Pejamkan mata anda, Senyum dengan tulus lalu tarik nafas panjang dan tahan diperut (Pernafasan diafragma) seraya mengucapkan : "Ya Tuhan, Aku ikhlas menerima kondisi saat ini yg menderita insomia asal Aku tetap dekat denganMU". Fokuskan pada : Aku tetap dekat denganMU lalu hembuskan nafas anda secara perlahan-lahan.
    KETIGA : Ulangi lagi : Pejamkan mata anda, Senyum dengan tulus lalu tarik nafas panjang dan tahan diperut (Pernafasan diafragma) seraya mengucapkan : "Ya Tuhan,Aku menitipkan hajat kepadaMU utk menyembuhkan penyakitku, karena hanya Engkaulah yg Maha Penolong dan hanya kepadaMU lah Aku memasrahkan segalanya". Hembuskan nafas perlahan-lahan dan yakinlah akan pertolonganNYA.
    Lakukan hal-hal tsb minimal 3 kali setiap anda merasa gelisah.
    Sebagai tambahan : BAgi waktu anda menjadi 3 bagian, yaitu : 1/3 utk bekerja dan berusaha mencari nafkah minimal utk diri sendiri, 1/3 utk beribadah kepada yg telah menciptakan anda, dan 1/3 utk keluarga dan kerabat anda.

    ReplyDelete
  52. saya kadang insomnia karena nahan rasa sakit dan juga kalo lagi ada maslah besar....

    ReplyDelete
  53. Wah, kita udah terlanjur jadi makhluk nokturnal. Kerja malem... bahkan kerja 24 jam sehari 8 hari dalam satu minggu. :(

    Kemajuan zaman ternyata tidak membuat siklus biologis menjadi lebih baik. Semua alat yang diciptakan untuk mempermudah hidup kita ternyata malah memaksa kita untuk lebih keras lagi dalam bekerja.

    ReplyDelete
  54. dulu saya juga menderita insomnia mas....sya tidak bisa tidur sebelum sang surya terbit...munkin gara - gara jadwal kuliah saya berganti menjadi jam 7 pgi,,,so saya sebisa munkin harus merubah kebiasaan saya....dari pada di kmpus ngntukk dan bikin mlu...^^
    so hasilnya sekarang saya sudah bisa mengatasinya....tetapi masih sulit tuk bangun pagi......jdi kesimpulannya adalh sugesti kita,,,,,niat kita untuk tidur secepatnya...awalnya sih susah tapi jalanin aja...lambat laun kebiasaan kita itu bakal berubah.....^^

    ReplyDelete
  55. klo q yang punya pengalaman insomnia itu ibu ku...gara2 entah apa makanya q liat blog ini siapa tau q nemuin solusinya....

    ReplyDelete
  56. aku salah satunya,
    kata mama sih obatnya cuman 1: jangan banyak ngayaaal.hehe

    Yup !

    ReplyDelete
  57. *PINGSAN!* dulu... wkwkwkkwkwkwk kena lag deh aku... xixixixixiixixix

    ReplyDelete
  58. pada dasarnya usahakan untuk rileks dan kalau perlu mandi sebelum tidur ...

    ReplyDelete
  59. kalau saya tidur jam9 malam. kayaknya itu malah kebanyakan tidur. :D
    bangunnya jam5 pagi.
    kalau susah tidur biasanya karena kepikiran sesuatu/ banyak pekerjaan sekolah.
    selebihnya gak pernah susah tidur

    ReplyDelete
  60. Kalau ada orang yang tidak bisa tidur gara-gara belum bayar utang, apakah bisa dikategorikan insomnia?

    ReplyDelete
  61. saya hampir ga pernah susah bobo..paling kalo gi ada masalah yang blom selesai jadi mikir gimana solusinya...trus tau2 bobonya kemalaman....gitu ajaah....

    ReplyDelete
  62. insomnia mungkin terkait pula dengan pola hidup yang secara sistematis terbentuk dalam rentang waktu yang cukup lama ya.

    seseorang yang pada awalnya punya pola hidup tidur jam 22.00 dan bangun jam 05.00 pagi kemudian beralih menjadi tidur jam 01.00 bahkan jam 03.00 dan jam bangun tetap dalam rentang waktu 05.00-07.00, punya kemungkinan menderita insominia.

    dulu saya pernah terbiasa dengan pola tidur jam 03.00 kemudian beralih ke pola sehat jam 22.00. susah sekali :) baru bener2 tidur di kisaran jam 02.00 dan 03.00, padahal mata mencoba merem udah 4-5 jam lalu! tapi tetap saya disiplinkan dan alhamdulillah, walaupun membutuhkan waktu yg tidak sebentar, pola tidur sehat dapat terbentuk. walaupun sekarang sejak blogging agak menyimpang juga :)

    kita dapat mengatur bagaimana tubuh bekerja dengan melakukakn suatu kegiatan yng sistematis. kalau kegiatan tersebut baik...hasilnya akan baik. tapi kalau kita secara sistematis melakukan suatu kegiatan yang "menyimpang"...tubuh juga akan tetap mengikutinya...hasilnya sudah pasti tahu kan :)

    sekedar tambahan...coba minum sesuatu yang hangat...air putih atau susu...kadang2 membantu juga ya merelekskan tubuh

    ReplyDelete
  63. pernah, karena mikirin sesuatu...
    cara ngilanginnya, beraktifitas sampe bener2 lelah, sehingga malam udah nggak kuat ngapa-ngapain akhirnya tidur

    ReplyDelete
  64. minum susu biar bobo nya pules :D

    ReplyDelete
  65. waduh, kalo aku malah gampang tidur :D
    Ada tu temenku, heidy, dia sering insomnia..

    ReplyDelete
  66. saya termasuk insomia ini..tidur selalu susah setiap malem... *sedih*

    ReplyDelete
  67. kal dah ngantuk gak tidur ya terus kebablasan gak bisa tidur..makanya kalo dah ngantuk mesti tidur

    ReplyDelete
  68. sebaiknya mengatur pola hidup yang baik dan benar agar jangan menyalahi aturan.
    terkadang kalau jam tidurnya ditarus misalnya jam 11 bagunnya jam 5 biasanya terhindar dari imsomnia...istirahat teratur dan berolahraga

    ReplyDelete
  69. makan yang kenyang sebelom bobo

    ReplyDelete
  70. wah ..aku juga suka Imsonia se..
    aku selalu kepikiran Tobey Macquire mas..
    he..he

    ReplyDelete
  71. biasanya klo cara mengatasi insomnia, saya mengingat orang yang baik kesaya... minimal seratus orang

    ReplyDelete
  72. sebenernya aku juga cuma tidur 3-4jam sehari, tapi bukan karena insomnia, begitu nyampe kasur langsung bisa tidur.

    kalo temenku yang susah tidur si biasanya pada olahraga dulu, kalo ga baca buku yang berat2, biasanya jadi ngantuk

    ReplyDelete
  73. bro kalau aku sih gini aja, ngantuk kalau tidur...eh maaf , tidur kalau dah ngantuk...pola 8 jam bagiku gak berlaku, karena kalau dipikir pikir coba ente bayangkan....8 jam/hari = 1/3 hari kan?????

    misal rata2 hidup kita adalah 60tahun, dan 1/3nya adalah 20 tahun, 20 tahun buat tidur????

    kalau dipikir2 1/3 hidup kita dipakai buat tidur?????...sayang sekali..

    dan cara ngilangin insomnia mungkin harus banyak olah raga kali yak....biar cepet capek maka tidurpun nyanyak

    ReplyDelete
  74. kalo suka minum kopi sehari 1 cangkir ada pengaruhnya ga?? kebetulan casual cutie suka sekali minum kopi di pagi hari yang indah dan cerah...

    ReplyDelete
  75. insomania sering...
    ngak pernah bisa tidur sebelm jam 2 pagi... alasan ngak tau.. apa karena jauh dari anak bini ya?
    ada solusinya?

    ReplyDelete
  76. ya..saya insomia kalo pas kurang gerak atau olah raga, atau capek karena pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan minim gerak

    ReplyDelete
  77. Yang penting lupain dulu semua masalah yang membebani kita. Kalo gak bisa, pake cara Mr. Bean...dengan ngitung kambing...hehehe

    ReplyDelete
  78. kalau saya yang juga pernah mengalaminya... saya akan melakukan langkah sabagai berikut.

    1. mencari posisi tidur yang paling nyaman kita rasakan.

    2. selanjutnya, saya berbaring dengan mengosongkan pikiran serta melemaskan seluruh otot dan persendian.

    ReplyDelete
  79. om lagi apa om???udah nemu obatnya belum??

    ReplyDelete
  80. Syukur saya tidak mengalaminya... saya kalau sudah memang mau tidur ya langsung tidur aja... yang penting jangan lupa baca doa sebelum tidur :)

    ReplyDelete
  81. kalau saya malah senang bisa Insomnia,soalnya bisa online terus semalaman,tapi ada efek sampingnya gak sih?

    ReplyDelete
  82. saya perasaan udah komeng di postingan ini ya..panjang lagi..kemana ya..??

    iwan "ada pos baru ku tuh....kunjungi yah" pesan singkat n nadanya setengah memerintah? mantan komandan ya..?

    ReplyDelete
  83. gw gak mengalami insomnia... tapi gw mengalami tidurmania... alias kalo tidur susah bangun... hehe

    ReplyDelete
  84. kalo gk bisa tidur.. ya niduri tetangga aja.. :D

    heh

    ReplyDelete
  85. wah itu penyakit-q tuh susah tidur... itu udah dari dulu sejak jaman kuliah karena hrs dituntup kerjain tugas ampe pagi... kebawa ampe sekarang tuh..

    ReplyDelete
  86. saya mah gampang tidur dan gampang bangunnya...he3x

    ReplyDelete
  87. Aku pernah mengalaminya, dan mungkin pun sekarang masih....., dulu aku bisa tidur setelah jam 1:00, sekarang lumayan jam 23:00 dah bisa tidur. MEnurutku ini dikarenakan kebiasaan dulu sering menunda waktu tidur...., jadi sekarang klo dah ngantuk, meski sedikit, langsung berbaring...merilekskan pikiran....

    Alhamdulillah sekarang dah gak separah dulu, kira2 1 tahun yang lalu....

    ReplyDelete
  88. masih sering insom

    mas ini jawabanku masalah update:
    katanya semakin sering semakin baik
    kalo bisa ruti
    2 hari seklai baik juga mas update nya

    ReplyDelete
  89. lapor bos!!
    saia ini susah tidur, tapi kalo sudah tidur susah bangun!!
    solusinya gimana bos?!
    ga masuk kategori insomnia y ^_^

    ReplyDelete
  90. wah kloimsomnia sih ngga.. malah klo lagi idle susah bangunnya heheh

    ReplyDelete
  91. makasih artikelnya mas..saya juga kena insomnia..banyak alasan mungkin salah satunya krn pekerjaan menumpuk jadi rada stress..makanya lg butuh berlibur.......

    ReplyDelete
  92. saya suka tidur jam 12an malam tp bangun jam 5 subuh apa masih normal ga?

    ReplyDelete
  93. dulu saya sering tidur kalo atahari terbit
    artinya insomnia bgd
    kadang bisa tengah hari baru bisa tidur
    akhir2 ini saya bisa tidur cepat itu jam 00.00 hingga 01.00
    artinya ada perubahan tapi saya sendiri tidak tau
    kenapa insomnia saya bisa berkurang
    apa hanya sesaat ato memang akan begini selanjutnya?

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS