Mengenal Gejala Tetanus

Penyakit tetanus adalah merupakan salah satu infeksi yang berbahaya karena mempengaruhi sistem urat saraf dan otot dimana disebabkan oleh bakteri berspora yang disebut bakteri Clostridium tetani

Adapun gejala penyakit ini pada si penderita adalah sebagai berikut :
- Si Penderita sulit sekali menelan contohnya seperti saat menelan makanan. akibat rasa nyeri pada rahang dan gigi.

- Merasa kepalanya sakit, gelisah, nyeri pada otot, nyeri pada otot rahang yang kemudian diikuti rasa kaku, demam, dan otot perut mengeras (gejala ini biasanya muncul pada saat tujuh hari sipenderita mengalami tetanus).

- Jika semakin parah penyakit ini akan menimbulkan kejang otot. awalnya berlangsung singkat, dan lama kelamaan semakin sering.

- jika tak seger ditangani, akan menyebabkan gangguan pada otot jantung, patah tulang (akibat berontak) bahkan menyebabkan pernapasan berhenti.

Penyakit tetanus jika tak segera di tangani dan diobati maka akan menyebabkan kematian.

78 comments:

  1. Iya, sangat berbahaya, jika telat bisa menyebabkan kematian
    Nice post

    ReplyDelete
  2. kapling dulu.. petromaxxxxxxxx.....

    ReplyDelete
  3. wah.. mengerikan ya..? semua penyakit kal ongga segera di obati akan menyebabkan kematian

    ReplyDelete
  4. lama gak apdet, kemana aja bang?

    ReplyDelete
  5. kunjungan balik,,met kembali k dunia blog yach_^

    ReplyDelete
  6. Biasanya org kena tetanus itu karna ketusuk paku terus gak diobatin, sementara paki itu sdh berkarat. itu yg aq tau ttg tetanus

    mksh infonya ya

    ReplyDelete
  7. Lama gak maen kesini. Maaf ya om. Ngeri juga tuch penyakitnya.

    ReplyDelete
  8. sobat ini orang depkes ya, sangat apresiatif sekali dg kesehatan.

    oke semangat memberikan ilmu nya ya

    Yup !

    ReplyDelete
  9. soga kita tidak terkena penyakit ini

    aamiiin

    ReplyDelete
  10. wah bahaya juga ya ternyata.... tu penyakit biasanya disebabkan oleh apa sob.... apa hanya karena luka akibat benda dr besi aja???

    ReplyDelete
  11. aku datang bro.....
    lame tak nampak nih..
    kemane aje....???
    tetanus.. seram ya bro....
    hihihi.... gimana klu kita bandingkan dgn keseraman penjara belanda..
    Huis Van Behauring Rumah Orang Rantai
    klu mau tau main ke tempat ku yah...

    ReplyDelete
  12. Menakutkan nich penyakitnya.
    Oiya, kemana aja nich, kok gak pernah keliatan mas?

    ReplyDelete
  13. # Merasa kepalanya sakit, gelisah, nyeri pada otot, nyeri pada otot rahang yang kemudian diikuti rasa kaku, demam. #

    kalo yang itu aku sering.. mudah-mudahan bukan tetanus yah...

    ReplyDelete
  14. ngeri bacanya yah... emang sih tetanus itu nyeremin...

    ReplyDelete
  15. Yup Yup. Ternyata pak dokter kita sudah pulang. Terimakasih atas tetanusnya. Maksudku terimakasih atas artikel tetanusnya :) . SALAM

    ReplyDelete
  16. waduh ngeri juga nih tetanus...

    ReplyDelete
  17. ngeri juga ya kena tetanus...

    ReplyDelete
  18. bakteri Clostridium tetani biasanya berkembang biak dimana ya bang?

    ReplyDelete
  19. Trus pertolongan pertamanya apa sob, misalnya kalo kena paku atau apa lah yang memungkinkan kena tetanus?

    ReplyDelete
  20. penyakit emang musuh utama yang harus di berantas

    ReplyDelete
  21. wah serem bener nech penyakit emang harus d waspadai sejak dini terima kasih infonya sahabat
    infonya sangat berarti sekali...

    ReplyDelete
  22. ditangani seperti apa seharusnya untuk pertolongan pertama..

    ReplyDelete
  23. wuahh
    dulu waktu masih bayi khan dah vaksinasi
    pa masih bisa kena juga?

    ReplyDelete
  24. Ok. Trims Postingannya bagus2x, mengenai insomnia pas banget. Nambah pengetahuan, karna sering kerja ngetik sampai dini hari, kadang saya kesusahan buat tidur, karna siangnya kerja lagi. giliran ada waktu mau istirahat, eh susah tidurnya. giliran lagi mepet waktu,m kadang bisa ketiduran di lantai. Ok moga kita semua sehat selalu.

    ReplyDelete
  25. yah begitulah sob,..ada sesuatu aja yang sempat menimpaku,..btw blogmu bagus bnyak seputar kesehatan yang bermanfaat yah,..salam kenal yah,..gud luck selalu buat blognya sob,...:)

    ReplyDelete
  26. Thx infonya bos,, aku mau ke rumah sakit duluuu.

    ReplyDelete
  27. mantab artikelnya sob, bener walau bagaimanapun kesehatan nomer wahid, salam kenal,,,

    ReplyDelete
  28. Wih serem jg y..
    Salam kenal juga..mksih udh berkunjung..

    ReplyDelete
  29. Lohh...koq sampe begitunya yah sob...gw dah pernah kena paku karatan, syukur cuma panas dingin...hihihi...

    ReplyDelete
  30. kalo denger kata tetanus, ngeri banget sob.... udah kebayang sama infeksinya...

    ReplyDelete
  31. ouu gitu toh ciri2 nya
    baru tw saya bro. nice info

    ReplyDelete
  32. iya saya sudah tahu bahaya penyakit tetannus itu, tetapi bagaimana pertolongan pertama pada penyakit ini sebelum dibawa kedokter....???? biasanya yang habis kena paku dan di paku itu ada bakteri tetanni....

    ReplyDelete
  33. gimana donk cara ngobatinnya??? wew bang iwan kemana aja nih, lama ga muncul...

    ReplyDelete
  34. wah serem banget... makasih infonya bang.. jadi bisa lebih waspada ya

    ReplyDelete
  35. Kenapa yach,setiap ke blog ini saya selalu merinding duluan? Infonya bermanfaat,cuma jadi agak takut nih.

    ReplyDelete
  36. Aku kayaknya dah pernah kenalan ma tetanus....dimana ya..??? (pura2 blo'on...padahal aslinya emang Oon....)

    ReplyDelete
  37. Berapa lama manusia bisa bertahan setelah tetanus masuk dalam tubuh ? Pernah denger-denger orang langsung maeninggal ketika terkena ini

    ReplyDelete
  38. sehat itu mahal harganya...
    udah aku link balik mas.. senang bisa bersahabat dengan mas iwan :)

    ReplyDelete
  39. ya ampuuunnnn...
    aku sering kena sakit kepala..
    apa aku tetanus??
    haha,,,,
    hahah...
    komen perdana di sini!

    ReplyDelete
  40. wah..ternyata....mengerikan banget ya..penyakit ini....serem dah...

    ReplyDelete
  41. wah kalo sudah kena tetanus terus ngobatinya pake apa yah?

    ReplyDelete
  42. bang Iwan... makasih infonya. Tetanus memang membahayakan ya..
    ditunggu info berikutnya
    salam

    ReplyDelete
  43. Wkwkwkwk... moga saya nggak sampe punya gejala seperti itu...

    ReplyDelete
  44. Thx kunjungannya, betewe belum post baru nih

    ReplyDelete
  45. jangan jangan diriku kena terus diriku sebenarnya tetanus tetapi menurutk diriku soewoeng deh penyakitku

    ReplyDelete
  46. begitu toh gejalanya, sepengetahuan ku selama ini tetanus dari luka seperti paku berkarat atau besi berkarat. thanks infonya sob.

    ReplyDelete
  47. Wah info yang bagus Mas biar bisa sedia payung sebelum hujan, salam sukses dari BBM

    ReplyDelete
  48. wah harus hati2 itu supaya g kena penyakit sperti itu!!

    ReplyDelete
  49. iiih aku takut nih terkena tetanus,

    ReplyDelete
  50. tetanus adalah pembunuh.... awas!!!

    ReplyDelete
  51. tetanus.... ih geri deh.. tetenggaku dulu mati karenanya

    ReplyDelete
  52. wah..
    tetanus kira-kira penyebabnya apa ya sob..??

    ReplyDelete
  53. mas iwan lg terserang bakteri tetanus nih??? ko blm update???

    selamat berakhir pekan ya mas iwan...semoga cepat sembuh...

    ReplyDelete
  54. bahaya..bahaya...boleh bwk maut nih...

    ReplyDelete
  55. Terimakasih infonya mas, ternyata tetanus merupakan penyakit berbahaya juga ya..

    -keep spirit-

    ReplyDelete
  56. Tetanus sangat berbahaya, bisakah kakak sebutkan contoh penyebabnya? Benarkah kena paku yang udah berkarat bisa sebabkan tetanus? Apa pertolongan pertama yang mesti dilakukan? (misalnya kita berada di daerah yg jauh dari rumah sakit)

    ReplyDelete
  57. Tambahan
    Bakteri tetanus adalah bakteri unaerob ... jadi bakteri ini berkembang jika tidak ada udara ... tapi kalau ada udara bakteri ini akan mati ....

    ReplyDelete
  58. Ya betul setiap penderita tetanus memang sebaiknya cepat diberikan vaksin dan diberi nutrisi yang baik berupa kalori yang cukup dan juga protein yang cukup...

    ReplyDelete
  59. Wah ilmu kesehatan semua, ini sudah dokter atau calon dokter. Bagus bagi ilmu untuk sesama

    ReplyDelete
  60. wah mas iwan nih jago kesehatan ya...

    selakian ding mau tanya... apakah benda berkarat yang melukai kita bisa menyebabkan tetanus mas... kalau iya kira2 pencegahan pertamanya diapain ya mas... biar nggak bertambah parah?

    makasih

    ReplyDelete
  61. Halo Mas Iwan...Saya belum tahu profile Anda...boleh tahu dong about you.Peduli banget tentang kesehatan..Salut deh karena itulah yang kita butuhkan.Karena kalau kita tidak sehat, kita tidak bisa beraktivitas n berproduktivitas...ya kan??
    Good luck...

    ReplyDelete
  62. waduhhhh
    ngeri juga ya bossss

    jauhkanlah Ya Allah
    Aminnn

    ReplyDelete
  63. yang saya tahu, kalau luka kemudian tidak diobati maka akan mengakibatkan tetanus.
    CMIIW

    ReplyDelete
  64. itu terinfeksinya dari apa aja ya?

    oia, aku skarang pindah di phiy.web.id :)

    ReplyDelete
  65. Sebagai balasan kunjungan anda di blog saya, terimakasih anda telah mendaftar langkah selanjutnya tinggal klik link konfirmasi pada email dari admin / pengelola dan masukan data yang valid agar keanggotaan anda segera diaktifkan. Salam sukses.

    ReplyDelete
  66. pak tetanus itu apa karena ada luka terus terkena kotoran....
    terimakasih buat infonya

    ReplyDelete
  67. wah baru tahu nih gejala2 dari penyakit tetanus...

    ReplyDelete
  68. wah ngeri tuh sob...tetanus bahaya harus waspada

    ReplyDelete
  69. wah... trims bung infonya...
    saya kemaren baru opulang dari Promasan. Daerah di Jogjakrta. dan mendengar cerita kalau ada seorang nenek kena tetanus gara-gara pen yang tidak steril... sekarang dia sakit parah.
    thanks untuk infonya...

    ReplyDelete
  70. Supaya gak kena tetanus, berhati2lah saudara2 sekalian terutama bila terinjak besi karatan atau kotoran hewan :)

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS