Pembunuh Berdarah Dingin Itu Bernama Hipertensi

Hipertensi atau dimasyarakat lebih dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi adalah suatu jenis penyakit yang biasa ditandai dengan tekanan darah diatas batas normal yaitu 120 mmHg/80 mmHg. Hipertensi sendiri memiliki klasifikasi yaitu jika tekanan darah :
- 140 sampai dengan 159 mmHg/90-99mmHg : Hipertensi Tingkat Pertama.
- 160 sampai dengan 179 mmHg/100-109 : Hipertensi Tingkat Dua

Diperkirakan pada tahun 2025 nanti (workshop pengembangan pendidikan kedokteran berkelanjutan (P2KP) bagian ilmu penyakit dalam FK UNHAS mengenai Ginjal dan Hipertensi tahun 2008) rang yang akan mengalami gangguan penyakit hipertensi diperkirakan akan mencapai 1,56 milyar orang.
Mengapa hipertensi dikatakan sebagai pembunuh berdarah dingin? hal ini disebabkan karena banyak orang yang mengindahkan faktor-faktor penyebab meningkatnya tekanan darah, salah satunya adalah makanan sehingga lambat laun akan menyebabkan tekanan darahnya meningkat sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan beragam komplikasi akut akan menyerang tubuh.
Sehinga tak ada cara lain untuk mengetahui tekanan darah selain melakukan pemeriksaan tekanan darah sebab penyakit ini datang tanpa menunjukan gejala-gejala atau tanda-tanda.
Sekarang bagaimana dengan anda?
Pertanyaan ini perlu anda pikirkan sebab sekarang ini banyak masyarakat yang kurang sadar untuk memeriksakan tekanan darah mereka. adapun penyakit-penyakit yang biasa terjadi adalah kerusakan ginjal, jantung dan otak.
Perlu anda kethui bahwa umumnya hipertensi akan menunjukan gejala disaat penyakit ini telah lama (1 tahun) atau sudah terjadi komplikasi dan jika sudah terjadi tekanan darah yang cukup signifikan maka yang bersangkutan dapat merasakan gejala sakit kepala, mengantuk, keletihan, sulit tidur, gemetar, mimisan atau penglihatan kabur.
oleh sebab itu sejauh mana pengetahuan anda tentang penyakit ini dan bagaimana dengan tekanan darah anda? sudah normalkah tekanan darah anda?

71 comments:

  1. kalo saya justru darah rendah tuh, bang iwan?!

    ReplyDelete
  2. Duh...ngeri juga ya mas...btw tekanan darah tinggi ini termasuk penyakit yang menurun gak ya?

    ReplyDelete
  3. Nahhhhh...inilah saya walo tensi saya cuma 100/80 tapi kenapa saya selalu darah tinggian ya mas? alias naik darah...selalu marah... suka khilap juga.....

    ReplyDelete
  4. sama mas priandhani, saya juga masih sering darah rendah, katanya resikonya juga hampir sama juga ya...

    ReplyDelete
  5. penyakit turunan apa engga' boss

    soalnya ayah saya hipertensi juga

    GAWAT nih klo turunan

    ReplyDelete
  6. mau tanya nih....
    Apakah ada gejala lain selain gejala-gejala fisik sebagaimana tertulis, misalnya mudah marah (emosional)?
    Btw, blognya adem bgt, jd betah nih berlama-lama.

    ReplyDelete
  7. hikz..
    nenek ama pap daku darah tinggi :(
    kalo turunya susah banget, tp kalo naik cepet banget :(
    kata orang klo darah tinggi, masa hidup ga lama yah :( apa benar??

    ReplyDelete
  8. aku belum cek tekanan darah, moga tekanan darahku normal :))

    ReplyDelete
  9. penyebabnya apa ajaah ni? trus biar turun gimana? doo langsung cek tekanan darah d....

    ReplyDelete
  10. hello mas,
    anda kemarin tinggalkan comment di Inspiero.com
    minta dijelasin tentang bagaimana mendaftar adsense.

    say sudah siapkan naskahnya. tinggal tanggal publishnya aja. nanti kunjungi lagi Inspiero.com dalam bulan ini akan saya posting tentang adsense.

    trims
    haris,

    ReplyDelete
  11. mertua dua2nya darah tinggi Bang...wah susah banget klo dibilangin jgn mkn2 yg aneh2 hehe..

    kalo saya malah darah rendah

    ReplyDelete
  12. salam ....
    nice blog health..

    http://goncecs.wordpress.com/2009/04/02/nikah-tapi-nggak-kawin/

    ReplyDelete
  13. " garuk2 kepala" bingung masss

    ReplyDelete
  14. ni dia penyakit yang nyeremin....hiii....jangan ampe ahh....

    ReplyDelete
  15. wah kalo ngomongin hipertensi
    jadi ngeri ah
    kakekku dulu meninggal akibat hipertensi juga
    katanya sih terlalu banyak komplikasinya

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah
    dq cepet ngantuk
    keknya msh lum tuh...
    Semoga....Amin

    ReplyDelete
  17. mengerikan, hipertensi adalah salah satu penyakit yang mematikan... harus lebih hati-hati ni

    ReplyDelete
  18. tadina darah rendah..
    sekaran9 suda mule normal heheh

    ReplyDelete
  19. wah, kalo caleg ada yang hipertensi, bisa gawat kalo gk terpilih :D

    ReplyDelete
  20. aku malah punya darah rendah :(
    kalo darah rendah berbahaya ga tuh?

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah tekanan darah saya masih normal
    Moga selamanya

    ReplyDelete
  22. iya memang, saya juga sedikit merasakan gejala2 tersebut, krn kalo makan asal...
    olah raga bisa mengurangi resiko dt ga?

    ReplyDelete
  23. Iyah.. mudah-mudahan nggak kena..

    ReplyDelete
  24. Darah tinggi ....jangan ah, bikin puyeng tambah puyeng. Tapi kalo suka marah2 itu gejala darah tinggi ato emang dari sononya ya, hehehe....

    ReplyDelete
  25. Darah tinggi jangan....ah, puyeng terus.
    Cuma kalo suka marah2 apa gejala darah tinggi juga ato emang dari sononya, hehehhe....

    ReplyDelete
  26. mas iwan, ada award nih buat mas iwan, diambil yak :D

    ReplyDelete
  27. casual cutie sih tekanan darah rendah..

    ReplyDelete
  28. takutnya nyerempet ke stroke itu hiiiii...

    ReplyDelete
  29. gejala tekanan darah rendah dengan tekanan darah tinggi hampir mirip ya mas..sama-sama letih, pusing, mengantuk, letih..tapi sebetulnya perbedaan gejala antara keduanya itu apa sih.
    sampai sekarang saya selalu sedia alat pengukur tekanan darah digital, karena suami ada kecenderungan darah tinggi sementara saya kecenderungan anemia..thanks sharenya ya..

    ReplyDelete
  30. waw.... mengerikan juga ya klo sampai stroke... :D

    ReplyDelete
  31. wah, atutt.. kayanya saya harus cek nie tekanan darah. mudah2an aja masih normal. :)

    ReplyDelete
  32. sip, setuju tuh
    segala sesuatu
    klo ada yg namnya
    hiper,,, tuh uda pasti gag bagus
    ditunggu info selanjutnya

    ReplyDelete
  33. oooo makanya kenapa saya sering pusing yah?!?!?!?

    ReplyDelete
  34. waduh saya sulit tidur & sering mimisan nih, jadi kepikiran juga...
    makasih infonya mas

    ReplyDelete
  35. Banyak2 makan timun kali ya,hehhehe

    ReplyDelete
  36. duhh ngeri banget baca postingan ini... darah tinggi memang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tergantung pola hidup kita.

    ReplyDelete
  37. Postingan bagus.
    Perkiraan 1,56 Milyar?
    hmm.. berdoa mudah2an gak ya.
    supaya tidur nyenyak, karena, kalo kepikiran ntar gak bisa tidur, jadinya hipertensi.
    he..he..
    Bagus bro. Keep it.

    ReplyDelete
  38. Ada yg mengatakan bahwa hipertensi juga penyakit turunan.

    ReplyDelete
  39. Terakhir periksa sih masih normal2 aja. yang penting makanannya harus banyak dijaga. Klo di Indonesia masyarakatnya memang masih belum terlalu memperhatikan makanan yang sehat. Tapi di negara2 maju makanan sehat sudah menjadi perhatian serius.

    ReplyDelete
  40. hikksss...casual cutie bukan model bang..casual cutie gendut, di agency manapun ga bakalan diterima.

    ReplyDelete
  41. Wahhh.... tensi gw ampir slalu 110-70... Normal kan???

    **langsung ngelonyor ke klinik**

    tepok pramukaa...**proookkk...proookkk**

    ReplyDelete
  42. makasih mas atas informasinya... mudahan kita dapat terus menjaga kesehatan dan terus dikaruniai kesehatan olehNya

    ReplyDelete
  43. Pola hidup sederhana dengan mengkonsumsi makanan sehat tanpa bahan pengawet juga aktifitas yang tidak berlebihan, jauhi kota metropolitan dan tidak berlebihan menonton televisi, berselancar internet juga indari begadang malam, itu sedikit membantu kali ya.

    ReplyDelete
  44. Wah Kalo Saya dua hari yang lalu kena tekanan darah rendah mas, kebalikannya dari hipertensi, istilahnya apa ya kalo tekanan darah rendah ada yang tahu nggak?

    main-main di blog q mas, kasik comment soale masih newbie

    ReplyDelete
  45. Bang kalo saya justru darah rendah tuh, bahaya gak ya?

    ReplyDelete
  46. alhamdulillah tekanan darah ella normal..hehehe

    ReplyDelete
  47. alhamdulillah darah saya normal.Btw kalau kena tekanan darah tinggi jangan lupa konsultasi ke dokter.bokap saya juga punya dan ia mencegahnya dengan minum zestril.

    ReplyDelete
  48. Hipertensi...? Biasanya karena banyak pikiran, makanya sering marah-marah. Nah karena sering marah-marah ini tekanan darah ikutan naik...

    ReplyDelete
  49. Syukurlah selama ini saya sehat sehat saja.
    Tips m,enghindari hipertensi:"Jangan mudah marah"

    ReplyDelete
  50. Waah...bahaya juga ya,yang namanya HIPERTENSI itu....

    ReplyDelete
  51. kita nggak bisa menganggap remeh hipertensi ya
    thanks

    ReplyDelete
  52. weww spt nya harus banyak2 mkn timun neee... apa gag takut banjir apa ya...??!?!?! hehehehe

    ReplyDelete
  53. mas awie update donk...SEMANGAT!!!!

    ReplyDelete
  54. yah memang sekarang penyakit ini salah satu penyebab kematian setelah jantung dan kangker.... maka kita hrs waspada terutama terhadap makanan yg kita konsumsi..

    ReplyDelete
  55. maaf baru sempat berknjung lagi.. :-)
    met week end ya..??
    kemarin nyontreng apa bro.. heheheh..
    hoawaaalllaaaahhh.. jadi ngga nyambung ma artikelnya....

    ReplyDelete
  56. assalamu alaikum.... kenapa blogku jarang di visit om...? padahalkan aku sering loh komen... o ya, link juga yah...

    ReplyDelete
  57. artikel yang sarat informasi.

    terkadang kita lupa untuk menjaga kondisi tubuh dalam batas normal yang ideal. karena kegitan yang beitu padat disertai dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan pola yang semau hati.

    terima kasih sudah mengingatkan.
    semoga sukses dan tetap semangat memberikan informasi yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  58. terima kasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  59. Seperti tulisan mas Iwan, saya ada gejala seperti sering sakit kepala, mengantuk, keletihan, sulit tidur dan penglihatan kabur tapi tidak untuk gejala gemetar dan mimisan. Apa itu tanda2 hipertensi ya... perlu medical check ni..

    ReplyDelete
  60. Thanks for the article sob, orangtuaku dan mertuaku pada kena hipertensi. Jadi sedih nii, soalnya sering tiba2 terkulai lemas gitu.
    Memang kesehatan itu harus dijaga dengan benar dan disiplin.

    Cheers, frizzy.

    ReplyDelete
  61. haduh...saya jarang memeriksa tekanan darah, jadi khawatir, soalnya saya terkadang suka keletihan padahal tidur dan istirahat sudah cukup....
    makasih banget ya mas atas berbaginya....

    ReplyDelete
  62. wah saya jarang periksa tekanan darah, jadi khawaitr, karena saya ering keletihan padahal tidur dan istirahatnya sudah cukup...

    makasih ya mas sudah berbagi informasinya...

    ReplyDelete
  63. tekanan darah saya normal.....
    wah memang harus dijaga yg satu ini

    ReplyDelete
  64. yang ini nie paling berbahaya diantara yang laennya mas..menurut saya :D

    ReplyDelete
  65. Bener bener pembunuh berdarah dingin..saya terakhir ngecek normal tapi sebulan sebelumnya tinggi..maklum tingkat stress lg tinggi..

    ReplyDelete
  66. aku suka cepet naik darah juga tuh....

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS