Waspada Terhadap Kanker Kolorektal

Mungkin jenis kanker ini terasa asing jika di dengar namun jenis kanker ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian bahkan penyakit kanker ini pada wanita merupakan penyakit pembunuh nomor tiga setelah kanker paru-paru dan kanker payudara sedangkan pada pria jenis kanker ini juga menempati nomor tiga sebagai penyebab kematian setelah kanker paru-paru dan kanker prostate.

Sedangkan di Indonesia sendiri penyakit ini menempati urutan kelima sebagai kanker yang menyebabkan kematian sedangkan pembunuh nomer satu adalah kanker leher rahim atau kanker serviks pada wanita.
Kanker ini merupakan salah satu kanker yang banyak ditemui di antara kanker saluran pencernaan. Jadi yang menjadi pertanyaan adalah Siapakah yang sangat beresiko terkena kanker kolorektal ini?
Ternyata yang sangat beresiko terkena kanker ini adalah karena factor genetic yaitu mereka yang pernah mengalami polip maupun kanker usus besar. Dan juga karena factor usia yakni mereka yang berusia 40 tahun keatas tanpa mengenal jenis kelamin. Namun hal ini sangat beresiko pada pria dibandingkan dengan wanita dengan perbandingan 2:1. sebab hal ini dipengengaruhi oleh gaya hidup pria yang tidak sehat seperti keebiasaan merokok dan meminum alcohol.
Selain itu juga penyakit kanker kolorektal juga dipengaruhi oleh factor lingkungan yakni kebiasaan mengkonsumsi daging dan kurang mengkonsumsi sayur dan buah, sering mengkonsumsi makanan yang berkarbon tinggi seperti barbeque dan makanan yang dipanggang apalagi sampai gosong. Dan juga karena pengaruh terkena sinar rontgen dalam waktu yang lama.

69 comments:

  1. wah berarti makan sate itu bahaya yaa..kan banyak karbonnya juga..thankQ infonya

    ReplyDelete
  2. Banyak artikel yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
    Mari kita hidup sehat.

    ReplyDelete
  3. hua takut aku punya sinus, ah masih jauh 40 tahun keatas

    ReplyDelete
  4. bener nih..aku dengar makanan yang gosong2 itu ngga bagus...padahal enak yah..hehehe
    makasih infonya yah...bermanfaat banget nih..

    ReplyDelete
  5. saya paling takut kanker..kantong kering hehehehe
    klo kanker yang ini semoga jangan deh thanks sharingnya

    ReplyDelete
  6. nice info gan..tukar link yah

    ReplyDelete
  7. waduhhh...gw merokok nih, alkohol no...tapi gw tetep makan syuran dan buah + susu whey protein untuk memenuhi nutrisi harian...hehe...

    ReplyDelete
  8. psst artikelnya bagussss BAy the way kunjungi situs saya donk biar saling sharing gitu lhooo di
    pedulikanker-blogsakti.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. aduh gak boleh makan makanan yg di bakar apalagi sampe gosong......hik...hik...hik

    selamat tinggal sate gulai pak haji....uuuuu...sy tidak bisa sering2 makan lagi!!!!

    ReplyDelete
  10. nice buanget nih infonya...
    thanks

    ReplyDelete
  11. wahhhh........Ayo Bergegas Hidup Sehatt......hohohohoooo...
    Ditunggu kunjungannya ...hehehe...

    Chalief

    ReplyDelete
  12. ini kanker usus itu ya...?
    mengerikan sekali memang, karena makan daging yang gak sempurna kali juga ya... matangnya...

    ReplyDelete
  13. Padahal aku suka ayam bakar, tapi suka sayuran juga
    apa makanan yang gosong itu merubah unsur gizinya? Trus adakah zat tertentu dalam makanan yang gosong sehingga bisa sebabkan kanker?

    Aku dah update tuh, maen ya :)

    ReplyDelete
  14. wiw ngeri bro, jangan sampe deh kena
    faktor2 lainnya masih ada gak??

    ReplyDelete
  15. penyakit kok ngeri-ngeri ya...mending kanker kantong kering aja deh drpd kanker yg ini..makasih infonya mas

    ReplyDelete
  16. Info yang bermanfaat.... better careful than sorry.

    ReplyDelete
  17. Penyakitnya mengerikan ah..
    memang kesehatan mahal harganya

    ReplyDelete
  18. permicunya lagi-lagi si tambakau dan si alkohol...

    masih berani ngisep rokok, sama nyekek botol?
    silahkan dibaca baik-baik dengan saksama.

    ReplyDelete
  19. nice sharing sob, jadi makin aware neh ama kehatan

    ReplyDelete
  20. Waduh, pas mbaca ku sambil ngisep rokok..mo dibunag sayang....habisin dulu ah....

    ReplyDelete
  21. Hmmmm gimana kalo minum alkohol tp dibarengi dengan makan yg bergizi, sayur2an dan buah? :)

    ReplyDelete
  22. Wah saya harus rajin makan sayur lagi nih, akhir2 ini saya jarang makan sayuran. Kalo buah sih masih.

    ReplyDelete
  23. Wah kena hati-hati juga ya kalau suka ayam bakar.

    ReplyDelete
  24. suatu perkongsian maklumat yang amat berguna buat saya.

    blog yg bagus...
    teruskan menulis untuk berkongsi ilmu...

    ReplyDelete
  25. duh, serem ih, banyak banget sih jenis2 kanker, musti banyak2 zat antioksidan buat tubuh ni >.<

    ReplyDelete
  26. Wah serem! Buruan deh banyak-banyak mengkonsumsi sayur dan buah!

    ReplyDelete
  27. Moga2 nggak sampe terserang kanker kolorektal

    ReplyDelete
  28. Memang.... gaya hidup suatu masyarakat yang berubah terutama pola makan, kurangnya bergerak badan kita dan juga stres menambah statistik penderita kanker kolorektal ini yang mencakup usus besar dan juga rektum. Pola makan yang kaya serat rendah lemak dan kaya antioksidan, serta cukup bergerak badan serta kurangi stres dapat menekan jumlah penderita kanker kolorektal ini dalam sebuah masyarakat......

    ReplyDelete
  29. wah pak dokter sangat peduli sekali tentang kesehatan :)

    infonya juga sangat bermanfaat pak :D

    ReplyDelete
  30. om.. mo kondultasi donk.. hehe

    ReplyDelete
  31. waduhh serem juga
    moga2 gak sampek nyerang q juga ya
    ehehehe

    ReplyDelete
  32. wah ternyata makanan yg dibakar berbahaya ya, padahal saya sangat suka ikan bakar...harus dikurangi nih

    ReplyDelete
  33. Wah terima kasih ya atas informasinya sungguh bermanfaat!!!!

    and masih newbye

    ReplyDelete
  34. thanks kunjangnnya ke blogku...
    masalah TDW saya...selalu mengikuti link2 yang ada...
    TDW itu menurut saya hanya salah satu media untuk belajar bisnis dunia maya...

    ReplyDelete
  35. tanda2 penyakit kaker pencernaan nhe kayak mana yah.?? soalnya ag jga kadang2 kerasa nyeri di perut gitu... *deg2an jadinya*

    ReplyDelete
  36. Bukan itu bukan cerita warkop, cuma aku ngambil nama akrornya mirip pelawak warkop he..he...

    ReplyDelete
  37. wah,makasih infonya ni.manfaat banget

    ReplyDelete
  38. ini info kesehatan yg penting
    thx bgt buat infonya...salam

    ReplyDelete
  39. kesehtan itu paling penting diantara yg lainnya....
    jadi jgn diabaikan....
    salam

    ReplyDelete
  40. wah mesti hati2 nih makan jenis panggangan (favorit ku sih)...

    ReplyDelete
  41. tetapi ada beberapa orang yang kebal dgn kanker diatas meskipun mereka melakukan aktifitas yang memicu kanker tadi,siapakah mereka?

    Orang Gila,saudara saudar...

    :):sorry ,komennya bercanda,hehehe..

    ReplyDelete
  42. Mantep juagtips nya nih,..

    sukses selalu friend

    ReplyDelete
  43. nice info..
    ehya sob...
    tukeran link yuk..
    linkmu uda ku pasang duluan...
    Thx..

    ReplyDelete
  44. cara mengatasinya gmn donk?mksh ilmunya

    ReplyDelete
  45. Waduh kalau dah pernah minum or merokok pa bisa d'cegah??

    ReplyDelete
  46. thanks dah mampir bro... nih aq tinggal komen... jangan lp komen balik ya

    ReplyDelete
  47. waduh...ngeri juga ya penyakitnya....

    ReplyDelete
  48. Wah.....info yg bagus kk.

    sehat itu mahal...maka jagalah kesehatan sebelum datang masa sakit hihihihi....

    bravo sobat...

    ReplyDelete
  49. UNTUK SEHAT :1.SHALAT 5 WAKTU 2.OLAHRAGA 3.MAKAN MAKANAN YG HALAL

    ReplyDelete
  50. mas kamu, aku kasih award, liat di blog q ya

    ReplyDelete
  51. weeew....padahal makananan yang di bakar itu wuueeennaaakk, brur!...tapi biasanya setelah itu makan ketimun....membantu gak ya?..heks!

    ReplyDelete
  52. intinya adalah semua karna faktor makanan ya..
    jadi harus pintar2 mengatur jenis makanan..
    thanks ya utk informasinya

    ReplyDelete
  53. SETUJU! makanan yg di bakar or di goreng apalagi sampe gosong ga bagus..termasuk junkfood yg sudah merajalela di mana mana..siapa lagi yg jaga tubuh kita kalo bukan diri kita sendiri..

    ReplyDelete
  54. Pernah kena sinusitis aku, harus hidup lebih sehat nih.....(jadi takut???!!!)

    ReplyDelete
  55. waduh...makanya nih harus lebih seimbang lagi makanan...dan lebih ngejaga kesehatan. Semua ini ternyata tanpa kita sadari hadir dalam kehidupan sehari-hari...yang pastinya baru terasa efeknya pas udah jangka panjang. Thank sob dah ngasih masukan yang baik dan berguna buat teman2 yang lain

    ReplyDelete
  56. Aku dah makan sayur dan buah nih..
    Kakak kapan posting lagi?

    ReplyDelete
  57. Artikel yang informatif, sangat membantu banyak orang untuk informasinya

    Blog anda rame ya, kapan pada ngeramein blog ku ya, ayo...ayo... datang ke rumahku

    Sukses selalu ya

    ReplyDelete
  58. Infeksi pada usus besar dapat membuat terjadi luka pada dinding usus, luka kronis menyebabkan sel dapat berubah menjadi sel kanker. Jadi, usus besar harus sering2 dibersihkan sehingga mengurangi kecenderungan terjadi infeksi. Membersihkan usus besar dengan cara banyak makan2an yang mengandung serat. Seperti sayur dan buah seperti yang dikatakan di artikel ini.

    ReplyDelete
  59. Blognya mantaapp isinya juga bagus-bagus, btw koq gak ikutan program adsense??

    Salam kenal

    YanTsen

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS