Daun Jambu Biji Mengandung Antibakteri

Banyak tanaman obat yang dapat kita dapatkan dengan mudah disekitar rumah.  Hanya saja kadang-kadang banyak yang tidak tahu manfaat dan khasiat tanaman-tanaman itu.

Indonesia kaya sumber daya alam.  Baik rempah maupun buah-buahan.  Tak hanya buah, tapi daun daari buah itu sendiri kadang-kadang berkhasiat obat.

Contohnya, daun jambu biji.  Daun jambu biji ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita.  Entah untuk kesehatan maupun untuk obat penyakt tertentu.  Walaupun yang terkenal buahnya, namun tak ada salahnya daun dari jambu ini dapat kita manfaatkan sebagai obat.

Teraphis herbal, Peter Gabriel (Abdul kadir Djaelani) kepada FAJAR beberapa waktu lalu mengatakan, daun jambu biji memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.  Sebagai herbalis, Peter mengatakan, daun jambu biji bisa mengobati penyakit disentri dan muntaber.

“Daun jambu biji ini baik untuk kesehatan.  Daunnya terkenal mengatasi diare atau disentri.  Selain daunnya, buahnya ini punya khasiat khusus juga untuk meringankan beragam penyakit,” kata Peter.

Dalam penelitian yang telah dilakukan ternyata daun jambu biji memiliki kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya, antiinflamasi, antimutagenik, antimikroba, dan analgesik.

“Daun jambu biji juga mengandung zat anti bakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri,’ kata dia.

Tidak hanya itu, beberapa senyawa kimia juga terkandung dalam daun jambu biji, seperti polifenol, karoten, flavonoid, dan tannin, seperti yang dikuti dari rasyid.corner.blogspot.com.  Dengan begitu, banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki antioksidan yang erat kasiatnya dalam mengobati pelbagai penyakit.

Lebih lanjut Peter menjelaskan tentang khasiat daun jambu biji sebagai antioksidan.  Menurut dia, daun jambu biji lokal lebih banyak mengandung antioksidan. (*)

Sumber : Harian Fajar, halaman Kesehatan.  Terbitan 21 April 2012.

1 comment:

  1. artikel yang manstab sob,daun biji selain obat B.A.B, ternyata juga mengandung anti bakteri juga ya...

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS