Penyebab - Penyebab Tetanus

Setelah menulis gejala-gejala tetanus maka aku lanjutkan dengan mengenal penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan tetanus.

kita ketahui bahwa tetanus itu tak mengenal usia. tak hanya orang dewasa tapi bayipun beresiko terkena tetanus terutama saat proses persalinan (pemotongan tali pusar tanpa menggunakan alat-alat steril)

Bakteri penyebab tetanus biasanya hidup di kotoran dan tanah (Clostrodium tetani), khususnya di area yang terdapat banyak kotoran hewan seperti di peternakan. Bakteri tetanus biasanya masuk ke dalam tubuh melalui luka atau potongan yang ada di tubuh. Bakteri ini tumbuh lebih cepat di area yang kekurangan oksigen. Jadi, semakin dalam dan semakin sempit lukanya, akan semakin sedikit oksigen yang berada di sekitarnya, dan kemungkinan terjadinya tetanus semakin besar. Sebagai contoh, bakteri bisa masuk ke dalam luka dari jarum akupuntur yang kotor. Semakin kotor lukanya, semakin tinggi risiko terjadinya tetanus. Tapi, tetanus juga bisa tumbuh di luka yang bersih.
Sifat dari bakteri ini (Clostrodium tetani) adalah mati jika terkena udara sehingga tetanus ini biasanya muncul pada luka-luka yang tertutup, dalam karena didalamnya bakteri tak terkena udara.

20 comments:

  1. Membuat suasana luka menjadi bersih dan dapat dimasuki udara. Paling sering luka tusuk pada telapak kaki, akibat tidak memakai alas. Tertusuk paku atau benda tajam lain.
    Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Waduh... blognya sudah kena "tetanus iklan " yaa... warna warni

    Tapi tulisannya tetap beranfaat

    ReplyDelete
  3. Info yang sangat bermanfaat bro....

    ReplyDelete
  4. loh kok komengku gak keluar ya...hhmmmm anehh

    ReplyDelete
  5. Kalau kena tetanus n terlambat penanganannya bisa di amputasi nggak sob ...?

    ReplyDelete
  6. Harus waspada nih, terutama anak2 kita yg sering jatuh saat main lalu luka......

    ReplyDelete
  7. wawah.... pada miirin tetanus nich... jadi nggak enak makan nich he he.... ngomong ngomong blognya mantep banget... silahkan berkomentar ria juga ke blogku yang terukkkkk.........

    ReplyDelete
  8. Saya takut sekali dengan tetanus,apa lagi setelah habis kaki saya tertusuk paku yang berkarat.Habis itu saya langsung bilang ke ortu saya supaya dibawa ke rumah sakit aja biar dibersihkan kotorannya,biar ngga' kena tetanus,ujar dokternya

    ReplyDelete
  9. berkunjung..... jadi takut dengan tetanus nich... silahkan berkunjung balik sob ke blog saya.... jangan lupa kmntarnya yah.......

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat nih postnya. teruskan sob beramalnya. n jgn lupa komentarnya jg yah d artikelku belajar SEO para pemula

    ReplyDelete
  11. makasih atas infonya, bagus nich
    thanks

    ReplyDelete
  12. hieh...jd ngeri nieh....~_~

    ReplyDelete
  13. berarti org yg sering tertusk paku jg bs kn tetanus...ohh...

    ReplyDelete
  14. makasih banyak bro...........semoga kita bisa lebih berhati-hati terhadap luka.......

    ReplyDelete
  15. untuk itu kita perlu menjaga kesehatan.., paola makan dan lingkungan. Lebih baik menncegah dari pada megobati...
    salam kenal dan salam hangat dari blogger Bali
    izin follow yach..

    ReplyDelete

SIAPA SAJA YANG MELIHAT BLOG INI TOLONG KOMENTARNYA DEMI KEMAJUAN BLOG INI. SEBELUMNYA AKU UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH BAGI ANDA YANG MAU MENYEMPATKAN DIRI MEMBERIKAN ATAU MELUANGKAN SEDIKIT WAKTUNYA UNTUK MENGOMENTARI TULISAN YANG ADA DALAM BLOG INI.

TRIMS